Penjelasan Lengkap Bagaimana Cara mendapatkan Uang Lewat Google Adsense

Pengertian Adsense

Google Adsense atau disingkat (GA) adalah program affiliasi dari Google untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online, dengan cara Menaruh Iklan-iklan dari Google di website/blog anda. Siapapun bisa berpartisipasi dan tentunya bisa mendapatkan penghasilan dari Google (Yang merupakan Search Engine Terbesar Saat ini). Metode yang diberikan oleh GA itu sendiri adalah berupa Pay Per Click (PPC), dimana pemasang iklan akan dibayar oleh google setara dengan jumlah click pada iklan yang terpasang.

Keunggulan Google Adsense dengan jaringan iklan lainnya

Berikut adalah beberapa keunggulan program Google AdSense :

  • Menjalankan iklan yang menarik bagi pengguna Anda.

    Google AdSense menayangkan iklan teks dan gambar yang mudah dibaca serta ditargetkan untuk konten halaman Anda dan AdSense untuk permintaan pencarian.

  • Memanfaatkan teknologi pencarian Google.

    Teknologi pencarian dan pemberian peringkat halaman yang eksklusif dari Google merupakan dasar bagi AdSense. Kami memahami konteks dan konten halaman Web serta mencocokkan iklan Google dengan halaman Anda secara tepat.

  • Menjalankan iklan yang ditargetkan untuk khalayak Anda

    Selain iklan bertarget kata kunci, Google juga menyediakan iklan bertarget penempatan, yang menawarkan iklan harga per tayang yang sangat sesuai untuk halaman Anda.

  • Menyaring iklan yang tidak diinginkan.

    Google menggabungkan tim editorial, teknologi penyaringan, dan masukan Anda untuk menciptakan rangkaian penyaring canggih yang sesuai bagi Anda.

  • Mempersiapkannya sangat cepat dan mudah.

    Persiapan AdSense mudah dilakukan dan Anda tidak memerlukan sumber daya teknis. Kami memberikan beberapa baris HTML yang dapat Anda tambahkan ke halaman Web. Hanya diperlukan beberapa menit, kemudian Anda dapat menayangkan iklan Google pada halaman dan menambah penghasilan iklan Anda.

Bahasa yang didukung AdSense

Google AdSense mendukung penayang dalam beberapa bahasa. Permohonan untuk berpartisipasi dalam program dapat diajukan bagi situs dengan konten utama dalam bahasa:


Pada saat ini, AdSense hanya mendukung penayangan iklan dalam bahasa ini. Antarmuka produk AdSense dan Pusat Bantuan saat ini tidak tersedia dalam bahasa ini.

Anda dapat memilih bahasa utama situs saat proses permohonan. Jika permohonan disetujui, AdSense akan menayangkan iklan yang relevan dengan laman Anda dalam bahasa yang sesuai, meskipun situs berisi berbagai bahasa yang didukung.

Harap perhatikan juga bahwa kebijakan program AdSense melarang penempatan kode AdSense pada laman dengan konten utama dalam bahasa yang tidak didukung.

Perbedaan antara Google AdWords dan AdSense


Program Google AdWords dapat digunakan untuk membuat iklan yang akan muncul pada laman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs mitra Google. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang AdWords dan segera mulai beriklan, kunjungi www.adwords.google.com.


Program Google AdSense berbeda karena menampilkan iklan Google AdWords di situs web terpisah. Selanjutnya, Google akan membayar penayang web untuk iklan yang ditampilkan di situs mereka berdasarkan klik iklan pengguna atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklan.

Pendapatan AdSense

Bagi Hasil AdSense

Untuk menampilkan iklan dengan AdSense untuk konten, penayang akan menerima 68% dari pendapatan yang diakui Google sehubungan dengan layanan tersebut. Untuk AdSense untuk penelusuran, penayang akan menerima 51% dari pendapatan yang diakui oleh Google. Persentase ini konsisten, di mana pun lokasi geografis penayang, dan sama sekali bukan rata-rata antara penayang. Kami tidak mengungkap bagi hasil untuk produk AdSense lainnya; bagi hasil produk lain bervariasi karena perbedaan biaya dalam pengembangan dan dukungan produk.

Anda dapat melihat detail bagi hasil di akun Anda:

  1. Masuk ke akun AdSense Anda.
  2. Klik ikon roda gigi dan pilih Setelan dari daftar tarik-turun.
  3. Di bilah sisi, pada “Akun”, klik Informasi akun.


Google yakin bagi hasil ini sangat bersaing. Namun, bagi hasil sendiri bisa menyesatkan, jadi sebaiknya Anda fokus pada total pendapatan yang dihasilkan situs Anda. Misalnya, jika lelang inventaris iklan Google di situs Anda menghasilkan $100, dengan bagi hasil 68%, Anda akan mendapat $68 melalui AdSense. Jaringan iklan lain mungkin menawarkan bagi hasil 80%, tetapi hanya mengumpulkan $50 dari pengiklan, jadi Anda akan menerima $40.

Dengan besarnya jumlah pengiklan yang bersaing untuk muncul di situs AdSense, sistem Adsense memastikan bahwa Anda memperoleh penghasilan sebanyak mungkin untuk setiap tayangan iklan yang Anda terima.

Berapakah yang akan anda hasilkan dengan AdSense?

Tidak ada jawaban yang tepat, karena penghasilan Anda akan bergantung pada sejumlah faktor.

  • Jenis iklan yang muncul di laman Anda: Dengan menampilkan iklan dengan AdSense untuk konten, Anda dapat menampilkan iklan yang dibayar saat pengguna mengeklik iklan atau saat pengguna melihatnya. Semua iklan bersaing dalam lelang iklan dan sistem kami secara otomatis memilih pengiklan yang bersedia membayar dengan jumlah tertinggi sambil memastikan pengalaman yang baik untuk pengguna.
  • Penetapan harga iklan muncul di laman Anda: Tidak semua iklan diberi harga yang sama, sehingga faktor-faktor seperti anggaran pengiklan yang terus berubah, konten khusus, dan iklan yang dipilih pengguna untuk diklik akan mengakibatkan penghasilan Anda bervariasi dari hari ke hari.
  • Seberapa banyak produk AdSense yang Anda gunakan: Anda dapat memperoleh penghasilan dari AdSense melalui berbagai cara — dengan menampilkan iklan di laman web, dengan menyediakan penelusuran bagi pengguna, dengan menampilkan iklan dalam umpan, dan lain-lain. Menggunakan lebih banyak produk AdSense akan meningkatkan potensi penghasilan.

Cara terbaik mengetahui berapa banyak yang akan Anda hasilkan adalah dengan mendaftar dan mulai menampilkan iklan di laman web. Tidak perlu membayar, tidak ada kewajiban, dan memulainya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Setelah menjadi bagian dari Google AdSense, Anda dapat setiap saat melihat penghasilan dengan masuk dan melihat laporan Anda. Anda dapat melihat jumlah total klik iklan, tayangan, rasio klik-tayang, dan penghasilan total Anda. Informasi ini akan memberi Anda gagasan tentang seberapa baik kinerja program dan seberapa banyak perolehan penghasilan yang dapat Anda harapkan dalam program ini seiring dengan waktu.

Cara memperoleh penghasilan dengan AdSense untuk penelusuran

AdSense untuk penelusuran dapat digunakan untuk menawarkan penelusuran web Google secara langsung dari laman kepada pengguna. Dengan menempatkan kotak AdSense untuk penelusuran di situs, Anda akan memperoleh penghasilan dari klik iklan yang dibuat oleh pengguna pada laman hasil penelusuran.

Namun, Anda tidak akan menerima penghasilan dari pengguna yang melakukan penelusuran melalui kotak AdSense untuk Penelusuran. Bila pengguna melakukan penelusuran di situs Anda, namun tidak mengklik iklan pada laman hasil penelusuran, maka Anda tidak akan menerima pembayaran apa pun.

Kelayakan untuk Berpartisipasi di AdSense

Meskipun Google tidak dapat mengatakan apakah situs Anda akan layak tanpa meninjau permohonan Anda secara menyeluruh, ada beberapa hal yang dapat Anda periksa sebelum mengajukan permohonan untuk melihat apakah situs Anda akan cocok dengan AdSense.

  • Apakah Anda memiliki situs web?

    Anda harus memiliki situs web agar dapat berpartisipasi. Baca kiat untuk membuat konten yang menarik sehingga Anda akan memikat pengguna dan pengiklan ke situs Anda.

  • Apakah Anda berusia 18 tahun ke atas?

    Seperti yang tercantum pada Persyaratan dan Ketentuan, kami hanya dapat menerima permohonan dari pemohon yang berusia lebih dari 18 tahun.

  • Apakah situs Anda mematuhi kebijakan program kami?

    Periksa apakah situs Anda mematuhi kebijakan kami sebelum mengirim permohonan. Ingatlah bahwa kami dapat mengubah kebijakan setiap saat dan berdasarkan Persyaratan dan Ketentuan kami, Anda berkewajiban mengikuti perubahan itu.

  • Apakah situs tersebut telah Anda miliki selama 6 bulan?

    Di beberapa negara, seperti di China dan India, kami mensyaratkan penayang untuk telah memiliki situs selama 6 bulan. Kami mengambil langkah ini untuk memastikan mutu jaringan iklan kami dan melindungi kepentingan pengiklan dan penayang yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s