Pengertian dan Sejarah Website

Seiring dengan kemajuan internet maka jumlah website yang ada di dunia maya pun semakin menjamur, hal ini ditandai dengan munculnya website-website baru. Kalau kita berbicara mengenai website tentunya semuanya tidak akan pernah sama, ada website pribadi, website perusahaan, website pemerintahan, website e-Commerce, website i-banking, website berita, website hiburan, dan masih banyak lagi. Sebagai seorang webmaster tentu harus bisa membedakan jenis-jenis website tersebut agar apa yang dibuat bisa sesuai keinginan. Kita akan mencoba membahas per satu perbedaan dari website-website tersebut.

Website merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia, selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara dan animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu website statis, website dinamis, dan website interaktif. (Heni A. Puspitosari, 2010:1-2)

Ada beberapa kelebihan dan manfaat website sehingga banyak orang membutuhkan kehadirannya,diantaranya :

  • Memiliki alamat secara online
  • Jangkauan tanpa batas sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia daam waktu yang tak terbatas.
  • Situs personal dapat berfungsi sebagai juru bicara untuk menuangkan ide, gagasan, kritik, saran, berbagi ilmu, dan suara hati lainnya yang ingin dituangkan kedalam situs melalui tulisan. Pada akhirnya menjadi “image branding” terhadap orang yang bersangkutan. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang yang, dan ini terbukti banyaknya orang “selebritis IT” hanya karena tulilsan yang yang ada di situs pribadinya.
  • Menjadi cermin pribadi maupun citra perusahaan apabila fitur yang disediakan cukup interaktif dan dinamis.

2.2.1    Sejarah Website

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa penemuan telegram,telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia,memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak  pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi.

Dimulai dengan penelitian packet switching(paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu1.Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packetswitching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data.

2.2.2    WWW (Word Wide Web)

World Wide Web saat ini berkembang dengan pesatnya pada berbagai bidang kehidupan manusia. Saat ini penggunaan Internet sangat dirasakan manfaatnya baik dalam bidang aplikasi Sosial, militer, Scienci serta teknologi dan bisnis, menengah ataupun kecil. Perkembangan Internet yang pada mulanya hanya diperuntukkan terhadap pertukaran informasi rahasia antara beberapa badan intelejen rahasia USA,yang sekarang ini sudah menjadi ajang informasi umum baik untuk bisnis maupun hiburan. Manfaat yang dapat kita ambil dari keberadaan World Wide Web ini sangatlah banyak diantaranya kita akan mendapatkan informasi-informasi tentang kondisi dari sebuah perusahaan atau negara, kitapun dapat melakukan pertukaran informasi dengan rekan bisnis kita. Disamping itu pula dengan Word Wide Web dapat dengan mudah melakukan bisnis secara terbuka yang dikenal dengan E-Commerce

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s