PERENCANAAN PEMASARAN

1. Pengertian Rencana Pemasaran

    Pemasaran adalah kegiatan yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen dalam rangka memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sedangkan rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu dibidang pemasaran.

Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberi manfaat bagi :

  1. Usaha untuk mendorong cara berfikir jauh kedepan
  2. Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik
  3. Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standart prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.
  4. Perumusan tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilakukan secara lebih mantap
  5. Usaha untuk menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggungjawab para pelaksana.

2. Macam-macam Perencanaan Pemasaran

    Dalam suatu perusahaan terdapat beberapa macam perencanaan yang nantinya akan melancarkan usaha yang akan di jalankan. Beberapa Perencanaan tersebut adalah :

  1. Perencanaan Pasar Yang Strategis

    Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan, ke arah mana usaha perusahaan akan dikembangkan. Banyak yang dapat di bahas dalam perencanaan ini seperti langganan, pesaing dan lain-lainnya.

b. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan

Perencanaan ini merupakan suatu perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis yang merumuskan berbagai strategis dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Di dalam perencanaan ini, banyak hal yang dapat kita bahas diantaranya analisa sumber daya dan lingkungan perusahaan, dan yang lainnya.

3. Pertanyaan

    Misalkan di tengah menjalani suatu usaha, kita menemui Berbagai hambatan diantaranya mengalami kerugian. Apakah kerugian termasuk dalam sebuah perencanaan, dan apakah perlu kita rencanakan?

    Apakah pengalaman, pendidikan, atau Inovasi sangat mempengaruhi didalam menjalani sebuah Usaha? Bagaimana cara Menghadapi pesaing tanpa terjadi kebencian antara pengusaha satu dengan pengusaha lainnya.

Nama : Haidi

NIM : 2111310042

MK : Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer

Leave a comment