Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan ANDROID

Pengertian Android sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet. Secara umum Android adalah platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak. Sistem operasi Android di dirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Perkembangan Android semakin pesat sejak Google menjadi pengembang dari sistem operasi mobile ini.

Kelebihan Android :

  • Mendukung proses multitasking, memungkinkan penggunanya dapat membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Anda bisa facebookan, browsing internet, dan mendengarkan lagu dalam satu waktu.
  • Akses mudah menggunakan Google App market, bagi anda yang sering main game dan install aplikasi lewat fitur ini anda bisa mendownload ratusan bahkan ribuan aplikasi dan game secara gratis.
  • Notifikasi yang mudah, setiap ada sms, email ataupun artikel dari RSS Reader akan langsung muncul di home screen serta lampu LED yang berkedip-kedip.
  • Didukung berbagai macam ponsel, sekarang sudah banyak ponsel yang memakai sistem operasi ini mulai dari HTC, Samsung, Nokia, iPhone, sampai ponsel cina seperti Cross dan Mitto.
  • Anda bisa dengan mudah mengakses seluruh produk dari Google, mulai dari Google Map, Google Reader, Google Translate, Youtube, Blogger, dan lain-lain.

Kekurangan Android :

  • Harus Selalu terhubung ke internet untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel Android ini sehingga anda setidaknya harus menggunakan paket internet mingguan atau pun bulanan.
  • Terdapat banyak iklan di setiap aplikasi dari Android, ya maklum saja karena selalu terhubung ke internet otomatis jadi banyak juga iklan-iklan yang muncul. Walaupun tidak mengganggu kinerja aplikasi namun kadang ini membuat risi para pemakai dengan kemunculan iklan ini.
  • Boros baterai, sistem operasi android memang lebih boros baterai dibandingkan os lainnya, ya wajar saja dalam hal kinerjanya juga lebih banyak proses sehingga ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s