Mengenal Palet pada Photoshop CS5

Sebelum membahas dan menjelaskan macam palet yang ada pada photoshop, akan lebih baik kita mengerti dulu arti dari palet. Palet adalah bagian yang berisi informasi-informasi dari dokumen yang aktif atau beberapa perintah-perintah untuk memanipulasi objek gambar atau teks dikumen.

Inilah beberapa palet yang terdapat pada photoshop.

Palet Actions

Palet Action berfungsi untuk merekam, memainkan , mengubah , serta menghapus sederetan aksi atau perintah yang sedang dikerjakan saaat memaipulasi objek atah teks dalam jendela dokumen.

Palet History

Palet History bergungsi untuk menyimpan semua perintah yang telah dikerjakan. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam palet ini adalah perintah untuk membatalkan perintah yaitu dengan cara mengklik item perintah yang dibatalkan.

Palet Paths

Palet Paths berisi deretan layer yang berisi objek-objek path yang terdapat dalam dokumen.

Palet Channels

Palet Channels berisi deretan layer yang memuat channel-channel warna pembentuk gambar.

Palet Layers

Palet Layers berisi tumpukkan layer yang berisi onjek gambar atau teks, atau lapisan transparan yang memuat objek gambar teks.

Palet Styles

Palet Styles berfungsi untuk memilih dan memasang style pada objek gambar atau layer yang terpilih.

Palet Swatches

Palet Swatches berfungsi untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak warna untuk memilih warna foreground, atau tekan Ctrl dan klik kotak warna untuk memilih warna background.

Palet Color

Palet Color berfungsi untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak foreground/background, kemudian geser slider-slider untuk memilih warnanya.


Palet Info

Palet Info berisi informasi-informasi posisi mouse dalam dokumen, nilai-nilai warna, ukuran area gambar yang terseleksi, dan ukuran file dokumen.

Palet Histogram

Palet Histogram berisi informasi tonal warna yang dimiliki sebuah gambar.

Palet Navigator

Palet Navigator berfungsi untuk mengatur persentase ukutan tampilan gambar dalam dokumen aktif, yaitu dengan cara menggeser slider Zoom, mengklik tombol Zoom Out dan Zoom In, atau mengetikkan ukuran persentase gambar pada kotak Zoom.

Sebenarnya, masih banyak lagi palet-palet yang tersedia di photoshop cs5 yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk memanipulasi objek gambar atau atau teks dalam jendela dokumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s