Warga Aceh Singkil Tangkap Buaya Tanpa Ekor

buaya-buntung-singkil_20150610_120443

Warga Siti Ambia, KecamatanSingkil, Aceh Singkil, berhasil menangkap buaya buntung (tanpa ekor) dari sungai dekat pemukiman penduduk setempat, Rabu (10/6/2015). Buaya dengan bobot lebih dari satu ton tersebut, menjadi tontonan ribuan warga yang datang berdesakan silih berganti.

Sepengetahuan warga, buaya yang ditangkap itu merupakan yang terbesar dalam sejarah. Selain buaya raksasa dalam waktu bersamaan, warga juga menangkap hewan sejenis dengan ukuran jauh lebih kecil. “Buaya buntung yang ditangkap panjangnya lebih dari lima meter. Sedangkan beratnya lebih dari satu ton, warga sangat kepayahan ketika memindahkan ke kampung dari sungai. Seingat kami inilah buaya paling besar,” kata Mansur warga Siti Ambia.

Jumadil Awal alias Koyong pawang buaya yang memimpin penangkapan, mengatakan, buaya masuk penjerat yang dipasang sekitar sepakan lalu. “Buaya ditangkap di dekat pemukiman penduduk, sekitar satu kilometer dari rumah kami,” kata Koyong.

Buaya yang berhasil ditangkap diletakkan di depan rumah Koyong, disatukan dengan buaya sebelumnya. Total ada tiga ekor buayayang jadi tontonan warga.

Sementara itu Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil, Sunarso, memberikan bantuan senilai Rp 5 juta kepada warga yang berhasil menangkap buaya. Bantuan itu, sebagai pengganti uang lelah atas keberanian warga tanpa henti menangkap buaya yang telah menggangu mata pencahariannya.

“Bantuan uang yang diberikan Rp 5 juta, pemberian pengusaha asal Aceh Singkil, yang tinggal di Banda Aceh. Beliau prihatin melihat warga kampung halamanya berkonflik dengan buaya,” kata Sunarso.

sumber : http://www.tribunnews.com/

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s