Apa Itu Internet Marketing?

Apa itu Internet Marketing?

Apa itu Internet Marketing ? itulah pertanyaan yang muncul ketika sebagian orang sudah mulai memilih jalan usaha sebagai internet marketer. Ada pernyataan bahwa internet marketing adalah jualan di internet. Pernyataan tersebut tidak salah, namun yang lebih tepatnya internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Pemasaran berarti tidak hanya tentang penjualan semata, tetapi termasuk promosi, branding serta membina hubungan dengan pelanggan secara online.

Lalu apa gunanya kita melakukan internet marketing (pemasaran online)? setiap pemilik bisnis offline maupun pemilik bisnis online pasti ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal lagi. Nah, internet adalah salah satu media yang paling baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet (netter) tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Internet marketing bisa dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Sebagai Cara Promosi. 

  1. Sumber Penghasilan

Saat ini, internet sudah menjadi sebagian gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet, dan laptop. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone. Blackberry bisa dijadikan alat untuk berpromosi sebuah produk, tinggal broadcast aja promosi sampai ke teman/pelanggan yang punya Blackberry.

Menjalankan internet marketing untuk mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri, dan bisnis pelelangan secara online.

  1. PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click banyak dilakukan oleh para pemilik web atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Contoh program PPC antara lain  AdSense, Bidvertiser, Infolink, Sitti, AdSenseCamp, KlikSaya, Id BlogNetwork, dan banyak lagi

  1. PPS (Pay Per sale)

Pay Per Sale ini adalah sebuah cara mendapatkan uang melalui internet dengan cara kita promosikan sebuah produk dan apabila produk tersebut ada yang beli maka kita akan mendapatkan komisi. Contohnya Amazon.com, clickbank.com, dan lain sebagainya.

  1. PPL (Pay Per Lead)

Program affiliasi yang ini adalah kita akan dapat komisi jika kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com

  1. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Di internet kita bisa menjual produk kita alias kita bisa menjual apapun melalui internet. Produk yang kita tawarkan bisa berbentuk fisik maupun digital. Bisnis offline kita pun bisa kita pasarkan melalui internet.

Selain menjual produk sendiri kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari jasa menjual produk orang lain. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digita, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

  1. Pelelangan (Online Auction)

Di internet ada tempat untuk menjual produk dengan sistem lelang. Keuntungannya kita bisa menjual kepada orang menawar produk dengan harga tertinggi. Situs yang menyediakan pelelangan online 1) eBay, 2) Flippa, dll.

  1. Cara Promosi

Promosi produk bisa kita lakukan tidak hanya dengan cara offline, tapi juga dengan cara online. Promosi online adalah salah satu bentuk dari internet marketing. Karena internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui PPC Advertising (Beriklan PPC), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

  1. PPC Advertising (PPC Ads)

Kalau program PPC untuk publisher, PPC Ads untuk Advertiser/Pengiklan yang ingin mempromosikan produk/bisnis mereka. Dalam hal ini sebagai pengiklan berarti kita harus mengeluarkan uang agar Perusahaan PPC Ads menampilkan iklan kita pada program mereka yaitu pada program PPC untuk publisher. Harga iklan bisa kita sesuaikan sesuai budget yang kita inginkan. Program PPC Ads itu diantaranya  Adwords, Facebook Ads, Media.net, Sitti, AdSenseCamp, dan lain sebagainya.

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu metode yang digunakan para web developer dan blogger untuk memasarkan produknya. Cara ini memerlukan keahlian khusus dan memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Tak sedikit para web developer yang mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa SEO agar blog atau web dapat masuk dalam halaman utama pencarian search engine.

  1. Email Marketing

Proses pemasaran dengan cara email marketing adalah proses pemasaran dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

  1. Mobile Advertising

Mobile advertising adalah, layanan pengiklanan melalui perangkat mobile. nilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, MMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

  1. Social Media Marketing

Promosi online dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, +, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

  1. Pemasaran via Forum

Kaskus.co.id merupakan forum terbesar dan terpercaya di Indonesia bisa dijadikan salah satu media untuk mempromosikan produk secara online. Salah satu sub forum di Kaskus khusus untuk para pedagang online yang ingin memasarkan produk mereka melalui Kaskus. Selain Kaskus, masih ada beberapa forum lagi yang bisa digunakan sebagai media pemasaran online, akan dibahas di artikel lain.

Sumber : Google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s