Pengertian OOP (Object Oriented Programming)

1. Pengertian OOP

OOP atau singkatan dari Object Oriented Programming merupakan cara atau metode baru dalam membuat program, dan dalam teknik membuat program OOP adalah dengan mengetahui terlebih dahulu Objeknya, kemudian atribut(field/data)dan Perilaku (Fungsi).berbeda dengan programan Prodesural(konvensional),membuat program memakai aspek input, proses, dan output.

2.Karekteristik OOP

Karakteristik (ciri) suatu program termasuk dalam OOP, apabila terdapat Pembungkusan(Encapsulation), Polymorphisme, dan Turunan (Inheritance)

1.1 Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan(Encapsulaton)merupakan suatu karakteristik OOP dimana program terbungkus menjadi satu) data (properti/field) dan perilaku (fungsi/method) artinya lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek eksternal.

Contoh ; Di dalam sebuah program sering kita jumpai tombil Button Close (Sebagai Data), kemudian kita sisipkan Method System.exit(0) untuk keluar dari sistem Java.

1.2 Polymorphisme

Polymorphisme merupakan suatu karakteristik OO dimana objek yang berbeda dapat memakai method Polymorphisme dengan nama yang sama pada suatu kelas (class)

1.3 Turunan(Inheritance)

Turunan Merupakan Suatu Karakteristik OOP dimana suatu kelas (Parent Class/Base Class) yang dapat diturunkan ke kelas yang lain (child class/Derived class), sehingga kelas anak dapat memiliki data atau perilaku kelas orangtuanya.

3. Pengenalan di Dalam OOP

  1.  Class
  2. Methode
  3.  Inheritance
  4. Encapsulation

Class adalah point penting dari OOP yang berisi data dan kode  dengan aksi. Dalam Java segalanya terjadi dalam Class

Object adalah unit dasar  dalam oop dengan aksi, identitas, bagian dari class tapi tidak sama. sebuah  objek di ekspresikan dengan variable dan methode.

Methods kita tau bahwa sebuah class mendefinisikan atribut dan aksi,  peran methode disini menjelaskan bagaimana suatu atribut beraksi.

Inheritance adalah pewarisan atau turunan, seperti ibu/bapak dengan anaknya,  tumbuhan dsb. Dalam bahasa pemrograman java inheritance merupakan turunan dan  pengembangan dari class ke  class lainnya.  Dan saling berhubungan satu sama lain serta atribut dari class diwariskan dari  kelas sebelumnya yang dikenal dengan super class / parent  class / based class Sedangkan class baru yang menjadi turunannya  disebut dengan subclass / child class / derived class.

Enkapsulasi adalah sebuah objek yang mengandung  variabel-variabel dan method-method, dapat ditentukan hak akses pada sebuah  variabel atau method dari objek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s