Diskusi Tentang E-Business dan Integritas Data

Tanggal 23 April 2012, ada tuga dari Pak Sucipto yaitu mendiskusikan tentang materi di bawah ini.
  1. Jelaskan mengapa E-Business berhubungan dengan database!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan integritas data, dan sebutkan contohnya!
Kelompok saya menjawab pertanyaan di atas dengan jawaban seperti di bawah ini :

 1. E-Business  adalah bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan jaringan  teknologi informasi. Biasanya E-Bisnis ini dilakukan dengan memanfaatkan Internet sebagai media komunikasi dalam mengenalkan serta memasarkan produknya.

E-Business selalu berhubungan dengan database karena E-Business pasti memiliki sebuah website sebagai media transaksinya. Untuk membuat sebuah Website pemilik E-Business harus memiliki hosting beserta Domain sendiri untuk menampung seluruh file-file yang nantinya akan memudahkan calon konsumen melihat produk-produk yang dipasarkan oleh Pemilik E-Business. Baik file tersebut berupa gambar, flash, video, audio, animasi, dan sebagainya.

2. Integritas memberikan jaminan bahwa perubahan yang di lakukan terhadap basis data tidak menghasilkan hilangnya konsistensi data. Integritas juga mencegah terjadinya suatu kerusakan basis data akibat adanya kejadian yang bersifat asidental.

Integritas Data merupakan jaminan konsistensi data terhadap semua status konstrain yang di berlakukan terhadap data tersebut, sehingga memberikan jaminan keabsahan data itu sendiri. Integritas data sangat erat kaitannya dengan keamanan keberadaan data, dimana dapat terhadi secara institusional atau asidental.

Integritas Data berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga Integritas Data, Suatu sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, Antara lainpenyisipan, Penghapusan, dan pensusitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.

Contoh dari  Integritas Data :

Terjadinya Crashed pada saat proses transaksi

Anomali yang muncul akibat adanya akses konkurensi ke basis data

Anomali akibat pendistribusian suatu data pada beberapa komputer

Kesalahan lojik yang merusak asumsi yang berakibat mengganggu lingkungan basis data.

Nama Anggota :

Albahri

Haidi

Ahmad Diar Prasetya

Yoyok  Nurhadi

Leave a comment