Pembelajaran dalam PJJ (Tugas 1 – Kompetensi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ))

Nama Haidi

Tugas Topik 1

Setelah mempelajari Topik – 1 buatlah rangkuman dari apa yang Anda pahami?

(Tuliskanlah dengan gaya bahasa Anda sendiri dan silahkan pilih bagian mana yang menjadi perhatian Anda, tidak perlu merangkum semua isi).

Rangkuman :

Bagian menjadi perhatian Saya adalah Pembelajaran dalam PJJ

Menurut Saya PJJ adalah suatu sistem atau metode mengajar dimana kegiatan belajar antara pengajar dan peserta didik terpisah. PJJ sendiri merupakan singkatan dari Pendidikan Jarak Jauh yang sekarang sudah semakin luas perkembangannya. Keterpisahan kegiatan pengajar dari kegiatan belajar merupakan ciri khas dari PJJ.

Didalam proses PJJ, peserta didik harus bisa belajar secara mandiri dan lebih kreatif. Pengajar memberikan materi atau bahan ajar kepada peserta didik dan tidak harus tatap muka maka dari itu peserta didik diharapkan lebih aktif dan interaktif dalam mengikuti proses belajar PJJ. PJJ memerlukan interaksi yang tinggi antara pengajar dan peserta didik, sekalipun di wilayah terpencil. Manfaat interaksi ini adalah: PJJ memperbolehkan peserta didik untuk mendengar dan mungkin melihat pengajarnya, sebagaimana keharusan dosen untuk menjawab pertanyaan atau komentar dari peserta didiknya.

Pada system PJJ sangat banyak perbedaannya dengan Sistem tatap muka diantaranya :

  • Pengajar tidak selalu datang ketempat lokasi proses belajar mengajar karana pengajar bisa memberikan materi atau pembelajaran lewat media social. Seperti email, facebook atau Edmodo.
  • Dalam pemberian materi kepada peserta didik, pengajar bebas memberikannya, artinya boleh kapan saja dan dimana saja, begitu juga dengan peserta didik yang dimana bebas untuk mengambil atau mengungah materi yang diberikan oleh pengajar, Pada intinya antara peserta didik dan pengajar ada persetujuan terlebih dahulu.
  • Pertanyaan yang diberikan oleh peserta didik tidak dibatasi oleh waktu. Boleh kapan saja.

faktor yang menyebabkan orang menggunakan PJJ dalam memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi.

1. Daya tampung sistem pendidikan biasa selalu terbatas sesuai dengan kemampuan ruang kelas, begitupun jumlah peralatan yang digunakan, dan ketersediaan serta kemampuan tenaga dosen.

2. Tempat tugas pegawai yang menjadi calon peserta didik tersebar di seluruh pelosok tanah air.

3. Tenaga dosen yang baik belum tentu tersedia setiap diperlukan, sehingga pengelola pendidikan terpaksa menggantikannya dengan dosen yang kurang baik.

Menurut Keegan sistem PJJ memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. terpisahnya pengajar dan peserta didik yang membedakan PJJ dengan pengajar tatap muka;

2. ada pengaruh dari suatu organisasi pendidikan yang membedakannya dengan belajar sendiri di rumah (home study);

3. penggunaan beragam media-cetak, audio, video, komputer, atau multimedia untuk mempersatukan pengajar dan peserta didik dalam suatu interaksi pembelajaran;

4. penyediaan komunikasi dua arah sehingga peserta didik dapat menarik manfaat darinya, dan bahkan mengambil inisiatif dialog;

5. kemungkinan pertemuan sekali-sekali untuk keperluan pembelajaran dan sosialisasi (pembelajaran diarahkan kepada individu bukan kepada kelompok);dan

6. proses pendidikan yang memiliki bentuk hampir sama dengan proses industri.

Beberapa prinsip yang menjadi landasan dalam PJJ diantaranya

  1. Kemandirian : Artinya Peserta didik harus mandiri dalam mengikuti proses belajar PJJ. Harus bisa menentukan cara belajar, dan harus bisa memilih pilihan program atau matakuliah yang diinginkan tentunya dengan pilihan sendiri tidak mengikuti pilihan orang lain.
  2. Keluwesan : Jadwal yang relatif bebas artinya tidak ada ketentuan atau keterbatasan waktu antara pengajar dan peserta didik seperti pada system tatap muka, Belajar sambil bekerja.

PJJ pada dasarnya merupakan proses pembelajaran jarak jauh, maka dari itu proses pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat menentukan kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Proses pembelajaran PJJ sangat berbeda dengan proses pembelajaran secara tatap muka. Waktu yang dibutuhkan pada system PJJ tidak se sedikit pada system Tatap muka, relative lebih banyak waktu untuk memahami materi, berkomunikasi dengan teman-teman ataupun pengajar.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s