SMKN 1 Singkil Utara Juara Budidaya Ikan

Data diri
* Nama: Irhamuddin
* TTL: Singkohor, 12 April 1993
* Alamat: Perumahan Afdeling Eko PT PLB, Singkil Utara
* Ortu: Hermanto (bapak) dan Sri Mulyasari (ibu)

* Prestasi: Juara tiga lomba budidaya ikan tingkat SMK se-Provinsi Aceh tahun 2011
INGIN jadi pengusaha! Kalimat polos itu, spontan keluar dari mulut Irhamuddin, siswa kelas XII SMK Negeri 1 Singkil Utara, Aceh Singkil, begitu ditanya cita-cita setelah lulus sekolah. Usahanyapun tak jauh-jauh dari keahliannya, sebagai juara tiga lomba budidaya ikan tingkat SMK se-Provinsi Aceh tahun 2011.
“Jadi pengusaha budidaya ikan, sesuai keahlian saya. Cita-cita itu, sekaligus membuka pekerjaan bagi orang lain, terutama teman-teman yang memiliki hobi dan kemampuan sama,” kata anak kedua pasangan Hermanto dengan Sri Mulyasari tersebut, pertengahan pekan lalu.
Cita-cita Irham sesui dengan potensi wilayah Aceh Singkil, yang memiliki sungai dengan air tak pernah kering, belum lagi danau, serta laut luas. Apa lagi kebutuhan ikan tawar daerah ini hampir 90 persen masih dipasok dari daerah lain.
“Saya sangat terkejut begitu mendengar cita-cita Irhamuddin. Pemikirannya sangat jauh kedepan, dan bersesuaian dengan potensial alam daerah kita,” kata Dasril Koto Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, SMK Negeri 1 Singkil Utara.
Budidaya ikan menjadi salahsatu disiplin ilmu yang diajarkan di SMK Singkil Utara. Mendukung kegiatan itu, pihak sekolah menyediakan fasilitas kolam. Anak didik diajarkan tekhnik merawat dan melakukan pemijahan ikan secara tepat. Bahkan hasil budidaya ikan yang dilakukan para siswa, telah berulang kali dipasarkan, dengan respon masyarakat untuk membeli cukup tinggi.
Irhamuddin merupakan siswa yang menonjol di mata pelajaran budidaya ikan. Hal ini pula yang jadi alasan pihak sekolah menunjuknya dalam perlombaan budidaya ikan di tingkat provinsi, sayang belum menjadi yang terbaik.
Kendati demikian bukan berarti cita-cita menjadi pengusaha ikan berakhir. Malah sebaliknya siswa yang tinggal di perumahan perkebunan kelapa sawit PT Perkebunan Lemah Bakti (PLB) tersebut, makin kuat untuk menjadi pengusaha budidaya ikan di Aceh Singkil.(dede rosadi).
 
Lihat Photo-photo LKS
 
 
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s