Menggunakan Google Docs secara Offline

(1) Saat tulisan ini dibuat, Google Drive sudah lebih ditujukan sebagai produk penyimpanan online dan fasilitas pendukung produktifitas. Sekarang Anda sudah bisa menyunting dokumen yang Anda simpan di Google Drive (atau disebut juga

Google

D

ocs, jika Anda belum beralih ke antarmuka nya yang baru) di manapun Anda berada – entah Anda sedang duduk di pesawat terbang atau di rumah atau di kafe yang tak memiliki WiFi – saat Anda tidak terkoneksi ke Internet. Dan saat Anda membuka dokumen itu lagi saat Anda kembali online, semua perubahan yang dibuat saat offline masih tetap ada. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai menggunakan Google Docs secara offline.

 


(2) Untuk memulai, Google Docs offline hanya tersedia pada penjelajah web Chrome dari Google. Untuk mengaktifkan akses offline, masuklah ke laman Google Drive Anda dan klik icon roda-bergerigi di sudut kanan-atas dan pilihlah “Set up Google Docs offline”. Lalu akan terbuka jendela pop up dengan tampilan dua-langkah proses setup process. Klik tombol “Enable offline Docs” kemudian untuk langkah 2, Anda perlu memasang aplikasi Drive Web untuk Chrome. Klik tombol biru kedua pada jendela dan Anda akan dibawa pada laman Chrome Web store untuk memasang aplikasi Drive Web.


(3) Setelah memasang Drive Web app, kembalilah ke laman home Google Drive Anda dan Anda akan melihat notifikasi pada icon roda-bergerigi bahwa beberapa file Anda sedang disinkronkan dan bisa ditampilkan. Untuk melihat dokumen mana yang tersedia secara offline, klik icon roda-bergerigi itu dan pilih “view offline Docs.” Lalu akan terbuka tab baru Google Docs offline pada Chrome. Bookmark lamam ini agar Anda bisa mengaksesnya kembali pada Chrome saat Anda tidak ada akses internet.


(4) Beberapa kekurangan adalah: Google Docs offline hanya menampilkan dokumen Pengolah Kata dan Spreadsheet; sedangkan dokumen Presentasi, Gambar, dan Form tidak bisa. Tambahan lagi, Anda hanya bisa menyunting dokumen Pengolah Kata namun pada Spreadsheet Anda hanya bisa menampilkannya saja. Juga, pada offline mode, Anda tidak bisa membuat dokumen baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s