Bagaimana cara menghasilkan Uang dari YouTube?

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah konten video yang unik, menarik dan original ke YouTube. Selain itu kita harus bergabung dengan program mitra YouTube. Untuk dapat bergabung dengan program mitra YouTube kita harus mempunyai akun YouTube.

Mendaftar Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube.

Membuat Email baru di Gmail.com

  • Masuk ke gmail.com
  • Masukkan data lengkap
    – Nama → isikan nama anda
    – Nama pengguna → pilih alamat email yang anda inginkan
    – Kata sandi → masukkan kata kunci untuk email anda
    – Isi data lainnya


  • Klik create your profile untuk mengganti tampilan anda, anda juga bisa langsung melewati step ini


  • Selesai.


Masuk ke Akun YouTube

Langkah pertama adalah login ke akun Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,


Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di YouTube.


Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.


Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”.

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

Program Mitra YouTube

Apa itu Program Mitra YouTube?

Dengan Program Mitra YouTube, para pembuat konten dapat memonetisasi konten di YouTube melalui berbagai cara, termasuk periklanan, langganan berbayar, dan barang dagangan. Selain bergabung dengan Program Mitra, para Pembuat konten dapat memanfaatkan berbagai sumber daya, fitur, dan program yang diberikan YouTube untuk membantu Anda membangun saluran dan pemirsa.

Manfaat Program Mitra YouTube

Sebagai Mitra YouTube, Anda dapat memperoleh uang dari video yang layak yang dihasilkan dari iklan dan/atau biaya yang relevan. Manfaat lain dari Program Mitra meliputi:

  • Memperbesar potensi penghasilan Anda – YouTube adalah komunitas video online terbesar di dunia, yang memungkinkan Anda menjangkau pemirsa secara global dengan konten yang dimonetisasi.
  • Mendapatkan fleksibilitas melalui perjanjian non-eksklusif – YouTube tidak membatasi tempat para mitra mengupload dan mendistribusikan konten, sehingga Anda dapat memonetisasi konten di YouTube dan di tempat lainnya.
  • Melacak dan mengelola kinerja Anda YouTube Analytics memberikan berbagai laporan yang membantu Anda melacak kinerja dan penghasilan YouTube, dan mendapatkan wawasan yang membantu Anda berkembang.

Cara bergabung dengan Program Mitra YouTube

Kini Anda dapat mendaftarkan diri ke Program Mitra YouTube di lebih dari 60 negara. Pastikan Anda memenuhi kriteria kemitraan YouTube, lalu ikuti langkah-langkah untuk menjadi seorang mitra.

Kriteria Kemitraan YouTube

Saluran YouTube Anda mungkin layak untuk Program Mitra YouTube jika saluran memenuhi kriteria berikut:

Jika Anda memenuhi kriteria ini, maka anda dapat mengaktifkan saluran untuk monetisasi.

Perhatikan: Anda mungkin tidak dapat memonetisasi video yang menggunakan hal berikut tanpa izin eksplisit dari orang yang membuat atau memproduksi semua materi:

  • Musik (termasuk lagu cover, lirik, dan musik latar belakang)
  • Grafis dan gambar (termasuk foto dan karya seni)
  • Film atau visual TV
  • Visual dari video game atau perangkat lunak. Klik di sini untuk detailnya.
  • Pertunjukan langsung (termasuk konser, acara olahraga, dan pertunjukan)

Menyiapkan saluran dan video untuk monetisasi

Dengan menjadi mitra YouTube, Anda dapat memonetisasi video di saluran dan memperoleh pendapatan dari uang yang dihasilkan.

Mengaktifkan Akun untuk Monetisasai

Untuk mengaktifkan monetisasi video, ikuti langkah langkah dibawah ini.

  1. Pastikan sebelumnya anda sudah menggunggah beberapa video yang siap untuk dimonetisasi.
  2. Jika akun Anda bereputasi baik dan belum pernah dinonaktifkan sebelumnya untuk monetisasi, klik Aktifkan Akun Saya


  3. Ikuti langkah-langkah untuk menyetujui perjanjian Monetisasi YouTube.
  • Baca Perjanjian monetisasi YouTube, setelah itu ceklis semua toolbox yang tersedia kemudian pilih I Accept.


  • Klik Monetize


  • Klik Go It


  • Selamat Video anda berhasil dimonetisasi


Saluran YouTube Anda mungkin layak untuk Program Mitra YouTube jika saluran memenuhi kriteria berikut:

Perhatikan: Anda mungkin tidak dapat memonetisasi video yang menggunakan hal berikut tanpa izin eksplisit dari orang yang membuat atau memproduksi semua materi:

  • Musik (termasuk lagu cover, lirik, dan musik latar belakang)
  • Grafis dan gambar (termasuk foto dan karya seni)
  • Film atau visual TV
  • Visual dari video game atau perangkat lunak. Klik di sini untuk detailnya.
  • Pertunjukan langsung (termasuk konser, acara olahraga, dan pertunjukan)

Ikon Monetisasi

 Ini adalah ikon monetisasi yang Anda lihat di samping video yang muncul jika Anda belum mengaktifkan monetisasi pada video Anda.

Ini adalah ikon monetisasi yang Anda lihat di samping video yang muncul jika Anda berhasil memonetisasi video!

Ini adalah ikon monetisasi yang Anda lihat di samping video yang muncul jika Google memerlukan informasi lainnya dari Anda berkenaan dengan hak penggunaan komersial video tersebut.

Ada dua pesan yang terlihat saat anda mengarahkan kursor pada ikon ini yaitu :

Peninjauan.

Perhatikan bahwa berbagai faktor, seperti kinerja video dan saluran, riwayat video yang diajukan untuk monetisasi, dan kelayakan konten dapat memengaruhi waktu peninjauan.

Ikon tersebut kemungkinan akan tetap ada sampai Google meninjau informasi yang telah Anda kirimkan. Jika dokumentasi awal yang Anda berikan belum memadai bagi Google untuk menentukan hak Anda, Google mungkin telah mengirimkan email tindak-lanjut untuk meminta informasi lainnya. Bila status monetisasi tidak berubah selama lebih dari 72 jam, pastikan untuk memeriksa alamat email yang dikaitkan dengan saluran YouTube Anda yang akan digunakan jika Google memerlukan informasi tambahan. Perhatikan bahwa pengiriman berulang atas informasi yang sama tidak akan mempercepat waktu peninjauan.

Pemantauan untuk ulasan yang memungkinkan

Google menerima banyak sekali permintaan untuk memonetisasi video setiap hari dan akan meninjau pengiriman ini secepat mungkin. Berbagai faktor, seperti kinerja video dan saluran, riwayat video yang diajukan untuk monetisasi, dan kelayakan konten dapat memengaruhi waktu peninjauan.

Google mungkin tidak dapat memproses setiap pengiriman, tetapi Google terus memantau berbagai faktor tersebut dan memberikan prioritas yang sesuai. Google tidak menerima permintaan untuk mempercepat peninjauan video, tapi jika video sedang dipantau, Google sarankan agar Anda memfokuskan diri pada upaya keterlibatan lainnya dari pemirsa untuk mendongkrak jumlah penayangan video dan pelanggan saluran. Lihat Akademi Pembuat Konten YouTube Google untuk mempelajari cara mengembangkan jumlah pemirsa dan basis penggemar Anda.

 Ini adalah ikon monetisasi yang Anda lihat di samping video yang muncul jika video Anda telah ditinjau dan belum disetujui untuk monetisasi, atau bila Anda tidak memberikan informasi yang memadai berkenaan dengan hak penggunaan komersial dalam waktu yang diberikan.

Semua video yang dikirimkan untuk monetisasi harus mematuhi Kebijakan Program Mitra Google. Google berhak menentukan apakah akan memonetisasi suatu video dan jika video Anda ditolak untuk monetisasi, video tersebut dapat dibuang dari situs.

Meskipun video ini tidak layak untuk dimonetisasi, ada peluang yang mungkin tidak Anda manfaatkan saat diminta untuk memberikan hak penggunaan komersial yang diperlukan. Periksa alamat email yang dikaitkan dengan akun Anda untuk melihat email dari tim Google dengan mencari judul atau ID video yang dimaksud.

Perhatikan bahwa pengiriman berulang atas video yang tidak layak dan/atau dokumentasi yang tidak memadai dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memonetisasi video di masa mendatang.

Tidak ada Ikon

Jika Anda tidak melihat ikon monetisasi di samping video Anda, berarti video tersebut saat ini tidak dapat dimonetisasi.

Jika video tidak layak untuk monetisasi, Anda mungkin akan melihat salah satu penjelasan berikut di samping video tersebut di Pengelola Video:

  • “Ditolak (upload duplikat)”
  • “Ditolak (konten tidak pantas)”
  • “Konten pihak ketiga yang memiliki kecocokan”
  • “Video dicekal di seluruh dunia”
  • “Video dicekal di beberapa negara”
  • “Dihapus (teguran hak cipta)”
  • Saya menggunakan musik TukarAudio di video saya
  • Monetisasi dinonaktifkan di saluran Anda

Setelah mengaktifkan fitur monetisasi pada saluran, Anda dapat mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang dari iklan yang relevan. Anda juga harus menghubungkan akun YouTube dengan akun AdSense agar dapat mulai menerima pendapatan yang dihasilkan dari monetisasi video.

Menghubungkan Akun YouTube dengan Akun AdSense

Agar dapat menghasilkan uang dengan video dan menerima pembayaran, Anda harus mengaitkan akun AdSense dengan akun YouTube. Anda dapat membuat akun AdSense baru atau mengaitkan akun yang ada.

 

Anda dapat mulai memonetisasi video yang layak sebelum mengaitkan akun AdSense dengan akun YouTube. Namun, Anda harus mengaitkan akun YouTube dengan akun AdSense yang disetujui agar dapat melihat penghasilan dalam YouTube Analytics dan menerima pembayaran setelah mencapai ambang pembayaran.

Ada empat cara untuk mengaitkan akun AdSense dengan akun YouTube.

Bila anda telah memiliki akun AdSense yang telah disetujui

  1. Akses laman https://www.YouTube.com/account_monetization di Setelan Saluran, lalu buka bagian “Bagaimana saya menerima pembayaran?”
  2. Dari laman Pengaitan AdSense, ikuti langkah “berikutnya” untuk diarahkan ke AdSense.
  3. Pilih opsi “Ya, lanjutkan ke tahap masuk ke akun ” di bagian bawah laman, untuk memilih akun yang ingin digunakan.
  4. Masukkan sandi Akun .
  5. Terima pengaitan tersebut dan Anda akan diarahkan kembali ke YouTube.
  6. Setelah akun diaktifkan, pesan yang memberi tahu bahwa akun AdSense telah dikaitkan akan muncul di akun YouTube Anda. (Perhatikan bahwa mungkin perlu waktu hingga 48 jam sampai pengaitan benar-benar aktif). Selamat, akun Anda berhasil dikaitkan!

Bila anda belum pernah membuat akun AdSense

 


  • Masukkan kata sandi anda


  • Pilih bahasa, klik continue


  • Lengkapi kontak informasi, berupa nama, alamat dan lain-lainya.


  • Klik Submit my Application


  • Pilih salah satu cara untuk mendapatkan kode verifikasi apakah dengan telepon atau pesan.


  • Masukan kode verifikasi yang telah anda terima.

     


  • Selesai.


  • AdSense akan mengabari Anda melalui email setelah akun AdSense disetujui, dan ID AdSense Anda akan diperbarui di laman Pengaitan AdSense (Perhatikan bahwa mungkin perlu waktu hingga 48 jam sampai pengaitan benar-benar aktif). Selamat, akun Anda berhasil dikaitkan!

    Contoh AdSense yang telah disetujui biasanya akan ada pemberitahuan diemail.


    Contoh AdSense yang belum disetujui


    Atau anda bisa melihat apakah akun AdSense anda sudah disetujui apa belum dengan masuk ke akun YouTube – pilih my channel – video manager – pilih channel – klik monetization. Akan anda pemberitahuan bahwa Akun AdSense yang Anda kaitkan telah disetujui atau masih pending.

    Untuk memastikan kebenaran tertautnya/terhubungnya akun AdSense dengan program monetisasi YouTube silahkan klik “Review or change AdSense Association”


Jika akun YouTube anda sudah benar-benar terhubung ke akun AdSense, maka penghasilan anda dari YouTube akan dibayarkan ke akun  AdSense anda. Anda dapat melihat penghasilan YouTube di akun YouTube anda dengan cara melihat di menu Analytic yang ada di YouTube.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Catatan penting, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

Bila anda ingin meninjau atau mengubah pengaitan AdSense

  1. Akses laman Monetisasi di Setelan Saluran, lalu buka “Tinjau atau ubah pengaitan AdSense”
  2. Dari laman Pengaitan AdSense, klik Ubah.
  3. Pilih opsi “Ya, lanjutkan ke tahap masuk ke akun ” di bagian bawah laman untuk memilih Akun yang ingin digunakan.
  4. Terima pengaitan tersebut dan Anda akan diarahkan kembali ke YouTube.
  5. ID Penerbit AdSense Anda akan diperbarui di laman Pengaitan AdSense. Selamat, Anda berhasil mengubah pengaitan akun!

Jika anda memiliki akses ke sistem pengelolaan konten YouTube atau menggunakan konten ID

Untuk mengaitkan akun AdSense dengan akun pemilik konten Anda:

  1. Akses laman Ikhtisar Setelan untuk pemilik konten YouTube Anda.
  2. Klik ikon pensil di bagian AdSense pada laman tersebut.
  3. Klik Lanjutkan ke AdSense untuk diarahkan ke AdSense.
  4. Pilih Akun yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke AdSense. Jika Anda adalah penerbit AdSense, Anda harus masuk dengan Akun yang dipakai untuk masuk ke akun AdSense.
  5. Masukkan kata sandi Akun jika diminta.
  6. Konfirmasikan saluran YouTube yang akan Anda kaitkan dengan akun AdSense, lalu pilih bahasa utama untuk saluran tersebut. Meskipun Anda telah memilih satu saluran YouTube untuk melengkapi proses pengaitan akun AdSense, YouTube akan menampilkan iklan pada semua saluran yang tertaut dengan pemilik konten Anda.
  7. Klik Terima Pengaitan dan berikan informasi penagihan jika diminta.

Setelah melengkapi proses ini, Anda akan diarahkan kembali ke YouTube. AdSense mungkin akan mengirimkan pembaruan melalui email kepada Anda.

3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

2 thoughts on “Bagaimana cara menghasilkan Uang dari YouTube?

  1. mas mw tanya kalau akun saya diklaim melanggar hak cipta dan akun saya diclaim reputasi buruk bagaimana saya mengatasinya????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s