Pembelajaran dalam PJJ (Forum Diskusi – Kompetensi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ))

Forum Diskusi

  1. 1.       Materi Forum Diskusi 1

Jawaban :

Sampaikanlah dalam forum diskusi, bagaimana Anda mendefinisikan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)?

Menurut Saya PJJ adalah suatu sistem atau metode mengajar dimana kegiatan belajar antara pengajar dan peserta didik terpisah. PJJ sendiri merupakan singkatan dari Pendidikan Jarak Jauh yang sekarang sudah semakin luas perkembangannya. Keterpisahan kegiatan pengajar dari kegiatan belajar merupakan ciri khas dari PJJ. Peserta Didik yang mengikuti PJJ diharapkan bisa aktif dan belajar mandiri. Pengajar memberikan materi atau bahan ajar kepada peserta didik dan tidak harus tatap muka maka dari itu peserta didik diharapkan lebih aktif dan interaktif dalam mengikuti proses belajar.

 

  1. 2.       Materi Forum Diskusi 1

Studi Kasus :

Sumirah tinggal di kota kecil dan termasuk mahasiswa yang lulus dengan indeks prestasi yang termasuk tinggi. Ia berhasil mengikuti program pendidikan jarak jauh dalam waktu singkat untuk ukuran orang dewasa yan gbekerja dan berkeluarga. Sibuk bekerja, mengurus keluarga, mengurus anak, bersosialisasi, sekaligus belajar. Begitu banyak kesibukan yang harus dilakukannya. Teman-teman kerjanya menganggap ia ambisius ….untuk apa belajar?

 

Kesibukannya dalam berbagai kegiatan membuatnya semakin sibuk dan berusaha mencari celah waktu untuk belajar. Ia justru mencari berbagai cara untuk dapat belajar ditengah kesibukannya yang menumpuk. Ia mengatur jadwal belajarnya dengan ketat, mencari berbagai celah waktu dan menyesuaikan dengan kesibukannya. Sering kali ia merasa lelah dan hampir putus asa, apalagi jika datang waktu ujian dimana ia harus belajar, mengurus anak, atau pekerjaan yang menumpuk. Namun, berkat perjuangan dan kerja keras Sumirah berhasil menyelesaikan studinya, dan meraih gelar sarjana.

 

Jawaban :

Disiplin dan bisa mengatur waktu adalah salah satu faktor keberhasilan. Seperti yang dilakukan Sumirah walaupun ia disibukkan dengan pekerjaannya yang menumpuk namun ia bisa menggunakan waktu dengan baik. Begitu juga dengan PJJ, peserta didik yang mengikuti PJJ seharusnya bisa mandiri dalam hal belajar dan bisa menggunakan atau membagi waktu dengan baik. Sumirah patut dicontoh karena dengan kegigihannya ia mampu menyelesaikan studinya dan meraih gelar sarjana.

  1. 3.       Materi Forum Diskusi 3

Sampaikanlah ide atau pendapat Anda, apakah ada media terbaik dalam PJJ?

Jawaban :

Bila ADA, media apakah itu? Bila TIDAK ADA yang terbaik..Mengapa? Menurut saya media yang terbaik dalam PJJ adalah media yang bersifat elektronik seperti menggunakan komputer atau laptop yang terhubung ke internet. Tentunya menggunakan sistem Online yang dimana Teknologi penyampiannya mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Dengan media ini hubungan antara pengajar dan peserta didik lebih mudah dalam hal berinteraksi atau berkomunikasi dan dapat dengan mudah menyelesaikan pembelajaran secara PJJ.

 

  1. 4.       Materi Forum Diskusi 4

Sampaikanlah dalam forum diskusi, apakah memungkinkan dalam PJJ melaksanakan ujina online? Dan bagaimanakah cara melaksanakannya?

 

Jawaban :

Menurut Saya ujian Online dalam PJJ bisa saja dilakukan dan dilaksanakan. Dengan catatan media yang digunakan harus mendukung. Seperti pengalaman saya ketika mengikuti kuliah Bu Ary Susanti yang merupakan dosen yang mengajar TIK di D3 AMIK, yang dimana pernah melakukan ujian secara Online. Namun ujian tersebut dilakukan di SEAMOLEC yang kebetulan Koneksi internetnya cepat pada waktu itu. Sehingga proses Ujian onlinenya berjalan dengan lancar. Cara melakukan ujian online seperti yang pernah dilakukan Bu Ary tidak begitu menyulitkan mahasiswa, cukup dengan memberikan soal essay dan chois namun dalam pengerjaannya ada waktu yang telah ditentukan, misalnya 40 soal untuk 15 menit. Dan untuk menulis jawaban essay disarankan untuk menulis terlebih dahulu di word, ini bertujuan agar ketika ada masalah dalam hal koneksi internet jawaban yang telah kita tulis di (Jawaban soal di Edmodo) tidak hilang dan tidak tersimpan dan tentunya tidak menulis ulang lagi. (Meskipun mungkin yang di dilakukan Bu Ari itu belum bisa dikatakan PJJ, namun bisa dijadikan untuk contoh pada Sistem ujian Online PJJ)

 

  1. 5.       Materi Forum diskusi 5

 

Perkembangan PJJ di Indonesia terkesan lambat dikarenakan banyak factor. DIantaranya terbatas atau belum meratanya ketersediaan fasilitas teknologi IT, sumber daya manusia dan faktor lainnya.

Saat ini Rekan Mahasiswa sedang magang di daerah.

1. Cobalah amati lembaga tempat Rekan Mahasiswa magang serta institusi pendidikan, sekolah dan universitas sekitar.

2. Kemudian sampaikanlah pendapat dan ide untuk:

a. potensi perkembangan PJJ

b. masalah yang dihadapi dan solusi untuk dilaksanakannya PJJ

Bagi Rekan Mahasiswa yang magang di SEAMOLEC, sampaikanlah pendapat Anda untuk analisa wilayah asal Anda.

 

Jawaban :

Kebetulan saya tidak Magang dan ke sebelas teman mahasiswa lainnya tidak mengikuti magang kedaerah karena kami hasus menyelesaikan perkuliahan di AMIK. Akan tetapi saya akan mencoba untuk berpendapat tentang PJJ. Potensi perkembangan PJJ jika dilakukan didaerah saya sendiri yaitu di Aceh Singkil khususnya di sekolah saya yaitu SMKN 1 Singkil Utara. Sepertinya masih mengalami banyak kendala salah satunya dalam hal mengakses internet. Didaerah saya yang bisa dikatakan daerah terpencil masih sulit untuk mengakses internet. Namun hal itu bisa saja teratasi dengan media PJJ yang mendukung dalam pembelajaran. Bisa menggunakan media lainnya seperti CD, MP3, Audio, Modem (agar bisa dapat internet) dan yang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s