Pengertian dan Sejarah Browser

Pengertian browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software ini kini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface gratis, sehingga pemakai dapat menggunakan point dan click untuk pindah antar dokumen. (Yuni Sugiarti, 2012:4).

Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa Inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah” atau penjelajah web. Jadi fungsi Browser itu sendiri adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.

Browser pertama masih berbasis pada teks dan untuk menyatakan link dibuatkan sebagian menu-menu yang apabila di-klick akan membawa pengguna bernavigasi di dalam web. Kebanyakan sofware tersebut dibuat untuk komputer yang berbasis UNIX sebagai operating sistemnya. Browser atau sering disebut Web Browser, Web Browser adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk menjelajahi dunia maya internet. Aplikasi ini mempunyai kemampuan menampilkan suatu Web page yang ditulis dalam bentuk dokumen HTML. Lynxdan mosaic merupakan dua contoh program aplikasi Web Browser yang pertama.Lynx adalah we browser yang berbasis Windows. Selain text, dengan Browser ini kita sudah bisa menampilkan gambar. Program ini dibuat oleh NCSA (NationalCenter for Super-coputing Application).

Ada beberapa web browser yang umum digunakan pada saat ini diantaranya :

1. Internet Explorer

Internet Explorer adalah browser dari Microsoft yang hadir dengan versi pra-install di mana sudah tertanam secara built-in pada komputer dengan sistem operasi Windows, sehingga kebanyakan komputer sudah memilikinya.

2.  Firefox

Firefox merupakan browser yang dibuat oleh Mozilla, browser ini memungkinkan pengguna untuk meng-install add-ons untuk menambah fungsionalitas browser. Sebagai contoh, pengguna dapat meng-install extensions yang secara proaktif memblokir iklan di situs. Firefox juga dapat disesuaikan dengan tema dan setting yang berbeda. Browser ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Mac dan beberapa jenis smartphone.

3. Chrome

Chrome disebut-sebut sebagai browser minimalis dengan loading halaman Web yang cepat. Chrome adalah sebuah program open source yang dibuat oleh Google. Browser ini menyediakan tab browsing yang kompatibel untuk siapa saja baik Windows, Linux maupun sistem operasi Mac.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s