Artikel OOP (Object Oriented Programing)

Pada kesempatan ini saya akan membuat artikel OOP yang merupakan tugas kuliah saya dengan dosen Prayitno. Disini saya akan menjelaskan tentang beberapa hal yang ada pada Java.

1. Pengertian

Java Script adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.

2. Pengunaan Java pada NetBeans IDE  7.0.1

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengunaan Java pada NetBeans IDE  7.0.1

Untuk belajar java di NetBeansIDE7.0.1 anda harus menginstal NetBeansIDE7.0.1 terlebih dahulu. Perintah java nantinya akan kita ketikkan atau di jalankan di NetBeansIDE7.0.1 yang telah terinstal. Setelah anda menginstal NetBeansIDE7.0.1 maka anda bisa menggunakan perintah java didalamnya.Bukan hanya java, banyak bahasa pemograman lainnya yang bisa kita jalankan di NetBeansIDE7.0.1. Untuk lebih jelasnya marilah kita lihat tampilan awal NetBeansIDE7.0.1 di bawah ini.

Setalah kita melihat tampilan awal NetBeansIDE7.0.1, sekarang kita akan melihat yang ada di dalam NetBeansIDE7.0.1. Perhatikan gambar  dibawah ini.

Jika kita ingin membuat project baru di NetBeansIDE7.0.1, ikuti langkah di bawah ini :

1.Klik new peoject.

Bewarna coklat yang bertanda plus (+).

2.Setelah itu pilih Javaè Java ApplicationèNext.

3. Langkah selanjutnya adalah mengubah nama project jika ingin di ubah, kemudian Finish.

4. Setelah itu muncul lembar kerja java yang nantinya kita bisa  menjalankan perintah java.

5. Setelah kita mengetikkan perintah java, misalkan membuat tulisan Selamat Datang Haidi, kemudian kita tinggal menekan tombol Shift + F6. Maka lihatlah hasilnya dibawah ini.

6. Untuk selanjutnya, anda bisa melakukan langkah yang sama namun dengan perintah java  yang ingin anda jalankan atau yang sedang anda cari.

3. Class dan Object

Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi objek.Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP).

Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

4. Karakteristik OOP

  1. Abstraction
  2. Encapsulation
  3. Polymorphism
  4. Inheritance
  5. modularity

5. Praktek Java

Untuk Praktek yang pertama saya akan membuat sebuah java Sript tentang Penghitungan nilai rata-rata. Mari kita perhatikan dengan seksama.

1. Jika nilai rata-rata seorang siswa dibawah 60 maka ia di nyatakan tidak lulus. Namun jika seorang siswamendapatkan nilai rata-rata diatas atau sama dengan 60 maka ia di nyatakan Lulus. Bagaimana perintahnya dengan menggunakan java. Mari Kita lihat.

import java.util.Scanner;

public class latihanmodul2no1 {

    static Scanner sc = new Scanner(System.in);

    public static void main(String[] args) {

        float IPA, IPS , PPKN, hasil;

        System.out.println(“masukkan nilai IPA”);

        IPA = sc.nextFloat ();

        System.out.println(“masukkan nilai IPS”);

        IPS = sc.nextFloat();

        System.out.println(“masukkan nilai PPKN”);

        PPKN = sc.nextFloat();

       

        hasil =(IPA+IPS+PPKN)/3;

      

        System.out.println(“nilainya rata-ratanya adalah “+hasil);

        if (hasil >= 60){

            System.out.println(“Lulus”);

        }else{

           

            System.out.println(“Tidak Lulus”);

        }

    }

    }

Dan setelah di run inilah hasilnya :

run:

masukkan nilai IPA

60

masukkan nilai IPS

55

masukkan nilai PPKN

60

nilainya rata-ratanya adalah 58.333332

Tidak Lulus

2. Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut

Contohnya seperti dibawah ini :

import java.util.Scanner;

class TugasHaidi1 {

static Scanner hai = new Scanner(System.in);
String warna;
int tahunproduksi;

void printMobil() {
System.out.println(“Warna Mobil :” + warna);
System.out.println(“Tahun Produksi :” + tahunproduksi);
}

void Nyalakan_Mobil() {
char Nyala;
System.out.println(” Apakah Anda Ingin Menyalakan Mobil ? “);
System.out.println(” Pilih Y / T”);
Nyala = hai.next().charAt(0);
if (Nyala == ‘y’ || Nyala == ‘y’) {
System.out.println(“Mobil Menyala”);
} else if (Nyala == ‘T’ || Nyala == ‘t’) {
System.out.println(“Mobil Mati”);
}

}

void Matikan_Mobil() {
System.out.println(“Matikan Mesin”);
}

void Masukkan_Gigi() {

char gigi;
System.out.println(“Apakah Anda Ingin Memasukkan Gigi ?”);
System.out.println(“Pilih Y / T”);
gigi = hai.next().charAt(0);
if (gigi == ‘y’ || gigi == ‘y’) {
System.out.println(“Mobil Jalan”);
} else if (gigi == ‘T’ || gigi == ‘t’) {
System.out.println(“Mobil Tidak Jalan”);
}
}
}

public class TugasHaidi1_Panggil {

public static void main(String[] args) {
TugasHaidi1 Haidi = new TugasHaidi1();
Haidi.warna = “Hitam”;
Haidi.tahunproduksi = 2006;
Haidi.printMobil();
Haidi.Nyalakan_Mobil();
Haidi.Masukkan_Gigi();
}
}

dan seperti inilah inputannya :

run:
Warna Mobil :Hitam
Tahun Produksi :2006
Apakah Anda Ingin Menyalakan Mobil ?
Pilih Y / T

y
Mobil Menyala
Apakah Anda Ingin Memasukkan Gigi ?
Pilih Y / T
y
Mobil Jalan
BUILD SUCCESSFUL (total time: 6 seconds)

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membacanya.

 

 

 

Leave a comment