Materi 2 Dimensi

 

1.Bitmap dan Vektor

a.Bitmap

Bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar.
Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (pixel) yang memiliki warnanya masing-masing ( disebut dengan bit), unit terkecil dari informasi pada komputer.
Masing-masing elemennya disebut pixel (singkatan dari picture element).Mata manusia tidak mampu melihat masing-masing pixel-nya, sehingga kita menangkapnya sebagai gradiasi yang halus.Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin bagus dan realistik gambar tersebut.

Contoh Bitmap :

    b. Vektor

    Grafis vektor adalah gambar yang ditampilkan menggunakan definisi matematis.
Masing-masing garis terdiri dari cukup banyak titik-titik poin yang saling terhubung, atau dapat juga terdiri dari beberapa titik poin pengontrol yang saling terhubung menggunakan bezier curves.Ini adalah salah satu metode yang dapat menciptakan hasil terbaik dan digunakan oleh kebanyakan aplikasi gambar saat ini.
Gambar vektor biasanya memiliki bobot file yang cukup kecil karena hanya berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar.

Contoh Vektor :

 

2. Animasi Hand Cartoon

     Pada Pertemuan kedua kami mendapat tugas dari Pak Andriansyah dosen mata kuliah 2 Dimensi. Tugas tersebut adalah membuat animasi hand cartoon. Judul telah di sediakan oleh dosen yaitu Go Green / Peduli Lingkungan dan Say No to Drugs. Disini saya memilih tema Peduli Lingkungan yang saya beri judul Menyiram Bunga. Inilah Hasil tugas Animasi Hand Cartoon saya :

                 


        

 

 

 

 

 

3. Animation Computer

    Untuk tugas selanjutnya Pak Andriansyah memberi tugas Animation Computer. Setiap Mahasiswa harus membuat Animation Computer dengan tema Pendidikan. Setiap Mahasiswa harus membuat tugas dalam format Gif dan menggunakan aplikasi desain seperti Photoshop, Corel Draw, Illustrator dan yang lainnya. Inilah hasil Karya Animation Computer saya.













4. Komik Pixton

    Pertemuan selanjutnya kami mendapat tugas lagi, yaitu membuat komik di Pixton dengan tema berunsur Pendidikan. Disini banyaknya Frame telah ditentukan oleh dosen minimal 15 Frame. Komik tersebut harus memiliki unsur cerita yang menarik dan memiliki alur cerita. Saya memberi judul Hemat Pangkal Kaya. Inilah hasil Komik Pixton saya :



 





 





 

 

 

 

5.Komik Life

    Tugas kali ini adalah membuat comic life dengan tema pendidikan. Pada tugas ini, terdiri dari 3-4 orang. Kelompok saya terdiri dari Permana Raka Alam, Sani Muhammad Chandra dan Rahmad Badawi Siregar. Judul Komik Life kami adalah Indahnya Kebersamaan. Inilah beberapa hasil karya Komik Life kami :

Nama    :     Haidi

Nim    :     2111310042

MK    :     2 Desain

 

 

 

Leave a comment