Progress Printer 3D 15 Agustus 2014

hari ini kami mencoba mencari permasalahan kenapa pemanas hot end pada extruder kadang mau menyala dan kadang tidak mau menyala,bahkan saat menyala suhu tidak dapat dikendalikan(sering overheating). Langkah langkah mencari titik permasalahan tersebut:
1. Kami mencoba mengganti pemanas dengan kipas angin dan di sambungkan ke board elektronik.
2. Dari hasil pengamatan ternyata kipas fan kadang hidup kadang mati, hal ini mengindikasikan pemanas berfungsi dengan normal.
3. Selanjutnya kami menelusuri komponen komponen yang berhubungan dengan pemanas.
4. hasilnya kami menemukan salah satu komponen yang terlepas dari boardnya, dan ketika komponen itu di tekan tekan lampu indikator menyala dan mati sesuai dengan ritme tekanan ke komponen yang di berikan, fan pendingin yang digunakan untuk mengetes output daya juga hidup mati hidup mati sesuai dengan tekanan yang diberikan kepada komponen.

Dari hasil percobaan tersebut kami menemukan bahwa akibat dari komponen yang terlepas itu mengakibatkan pemanas tidak berfungsi dengan normal.

Usaha perbaikan juga kami lakukan dengan mencoba menyolder komponen tersebut. Namun hasilnya nihil karena komponen tersebut tidak mempunyai kaki dan terlampau kecil bentuknya.

Solusi yang kami lakukan sementara ini adalah mencari board pengganti,karena komponen yang lepas tersebut sulit untuk diperbaiki.

Dikarenakan board yang di maksud susah sekali di cari di bandung kami terpaksa membeli online.
berikut barang yang kami cari sebagai pengganti

http://robori.com/index.php?id_product=39&controller=product

produk tersebut sedang sold out, saat ini kami masih terus mencari barang tersebut.

IMG_20140815_175625Komponen yang lepas diberikan tanda kotak berwarna merah

Leave a comment