Pembelajaran dalam PJJ (Tugas 5 – Kompetensi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ))

Nama Haidi

Tugas Topik 5

Dari materi Topik-5 yang membahas tentang perkembangan PJJ di Indonesia, ada 2 hal yang menarik yaitu “Generasi Perkembangan” dan “Model Pembelajaran”. Cobalah jelaskan kedua hal tersebut:

1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan jelaskanlah model pembelajaran masing-masing!

2. Ada 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, sebutkanlah dan jelaskan masing-masing!

Jawaban :

  1. 1.        5 generasi perkembangan PJJ
  1. 1.       Generasi Pertama (The Correspondence Model )

Pada Generasi Ini, sistemnya menggunakan print (cetak). Karakteristik Teknologi penyampiannya Mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Bahan ajar yang sistematis dan tidak ada interaksi dengan siswa.

  1. 2.       Generasi Kedua ( The Multimedia Model)

Ada beberapa model dalam sistem PJJ seperti Print, Audiotape, Videotape, Interaktive Video dan Computer Based Learning (CAI/CAL). Karakteristik Teknologi penyampiannya mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Bahan ajar yang sistematis dan tidak ada interaksi dengan siswa kecuali pada model sistem computer based learning dan interactive video.

  1. 3.       Generasi Ketiga (The Learning Model)

Model sistem PJJ yang digunakan ada beberapa diantaranya Audioteleconferencing, Videoconferencing, Audigraphic Communication, Broadcast TV/Radio and audioteleconferencing.  Karakteristik Teknologi penyampiannya tidak adanya fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Bahan ajar yang sistematis hanya ada pada model sistem Audigraphic Communication dan Broadcast TV/Radio and audioteleconferencing. Semua model karakteristik penyampaiannya ada interaksi dengan siswa.

  1. 4.       Generasi Keempat  (The Flexible Learning Model)

Ada beberapa model dalam sistem PJJ diantaranya Interactive multimedia (IMM) online, Internet based access to WWW resources, Computer mediated communication (CMC).  Karakteristik Teknologi penyampiannya mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Bahan ajar yang sistematis dan semua model karakteristik penyampaiannya ada interaksi dengan siswa.

  1. 5.       Generasi kelima (The Intelligent Flexible Learning Model)

Pada Sistem generasi kelima ini jauh lebiah baik dibangdingkan dengan generasi sebelumnya. Ada beberapa model dalam system PJJ ini diantaranya Interactive multimedia (IMM) online, Internet based access to WWW resources, Computer mediated communication (CMC) using automated response systems dan Campus portal access to institutional processe. Karakteristik Teknologi penyampiannya mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan. Bahan ajar yang sistematis dan semua model karakteristik penyampaiannya ada interaksi dengan siswa.

  1. 2.       Ada 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK

Dibawah ini adalah 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK :

Proporsi Materi yang disampaikan secara online

Kategori

Deskripsi

0%

Traditional – tradisional

Pembelajaran tatap muka – tanpa memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan, pembelajaran disampaikan melalui tatap muka lisan maupun dengan memanfaatkan bahan cetak.

1-29%

ICT/Web Facilitated – difasilitasi TIK/Jaringan

Pembelajaran yang sudah memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan untuk mempermudah dan memfasilitasi pembelajaran tatap muka. Menggunakan internet sebagai sumber belajar, blog sebagai tempat untuk menayangkan silabus dan materi perkuliahan, menggunakan email untuk komunikasi, dan semua diarahkan untuk memperkaya pembelajaran tatap muka.

30-79%

Blended/

Hybrid

Pembelajaran yang meramu pemanfaatan TIK/teknologi online dan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran disampaikan lebih banyak secara online, menggunakan repository bahan ajar online, menggunakan diskusi online, tapi tetap diperkaya dengan pembelajaran tatap muka.

80+%

Online/ e-learning

Pembelajaran yang sangat mengandalkan pemanfaatan TIK/teknologi online: hamper semua materi disajikan dan disampaikan secara online, interaksi dilakukan secara virtual. Biasanya tidak memiliki pembelajaran tatap muka atau hanya memiliki pada tingkat minimal.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s