Apa yang dimaksud penempatan produk berbayar pada YouTube?

Penempatan produk berbayar didefinisikan sebagai bagian dari konten yang dibuat secara khusus untuk sponsor dan tempat merek, pesan, atau produk sponsor tersebut diintegrasikan langsung ke dalam konten. Contoh yang khas dari penempatan produk berbayar adalah ketika pemasar membayar mitra untuk secara khusus menyebutkan produk atau merek mereka yang pada umumnya akan menjadi bagian editorial dari konten tersebut.

Apakah anda perlu memberi tahu YouTube jika video memiliki penempatan produk berbayar?

Ya, Anda dapat memberi tahu Google dengan mencentang kotak yang sesuai saat memilih setelan monetisasi untuk video.


Apakah saya perlu memberi tahu orang lain tentang penempatan produk berbayar?

Mungkin. Yuridiksi yang berbeda memiliki berbagai persyaratan bagi pembuat konten yang terlibat dalam penempatan produk berbayar. Pastikan untuk memeriksa aturan lokal Anda dan gunakan alat Google untuk memenuhi segala kewajiban hukum dan peraturan.

Akankah YouTube terus menjalankan iklan pada video ini?

Dalam beberapa kasus penempatan produk berbayar dapat menyebabkan konflik dengan iklan yang jika tidak YouTube akan menjual dan menyajikan ke video mitra. Contohnya, jika Anda mengupload video dengan menyertakan penjelasan merek dan penempatan produk untuk Perusahaan Mobil A, maka hal ini akan menyebabkan konflik untuk penjualan ruang iklan di sekitar video tersebut ke Perusahaan Mobil B. Untuk melindungi nilai yang Google tawarkan kepada pengiklan, dalam situasi ini YouTube dapat menonaktifkan monetisasi dan promosi pada video dengan penempatan produk seperti ini.

Apakah ini artinya saya dapat menyertakan iklan pra-putar ke dalam video saya?

Tidak. Kebijakan tersebut tidak mengizinkan mitra untuk menyertakan iklan yang dibuat pengiklan dan iklan pra-putar yang disediakan ke dalam konten mereka atau iklan lainnya tempat YouTube menawarkan format iklan yang dapat dibandingkan. Kebijakan ini secara khusus ditujukan untuk pembuat konten yang membuat iklan atas nama sponsor. Jika ada pengiklan yang tertarik untuk menyajikan iklan khusus pada konten Anda, bekerjalah dengan pengelola mitra Anda untuk memfasilitasi transaksi tersebut. Baca informasi lainnya tentang kebijakan atas sponsor pihak ketiga yang disematkan.

Sponsor ingin menyertakan kartu judul di awal video dengan nama merek dan informasi produk mereka. Apakah ini diperbolehkan?

Google mengizinkan kartu judul berupa teks saja yang menyertakan Penempatan Produk Berbayar dengan tujuan pengungkapan produk berbayar saja. Penggunaan kartu judul grafis, termasuk logo dan pencitraan merek produk sponsor, dilarang kecuali sponsor tersebut melakukan pembelian media secara penuh pada konten Mitra. Anda dapat menghubungi Pengelola Mitra untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan bantuan.

Apakah ini terbuka untuk semua pengguna?

Tidak. Ini hanya terbuka untuk mitra. Mitra yang kehilangan status kemitraannya tidak lagi diizinkan untuk mengeposkan video dengan penempatan produk berbayar.

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan?

Video YouTube Anda mungkin mendapatkan penghasilan dari

  • iklan yang ditayangkan melalui lelang AdSense;
  • iklan yang dijual dengan dasar pemesanan melalui DoubleClick (DCLK) dan sumber yang dijual YouTube lainnya;

Apakah bagi hasil itu?

Tidak ada jaminan dalam perjanjian mitra YouTube tentang berapa banyak, atau apakah, Anda akan dibayar.

Pendapatan dibuat berdasarkan bagi hasil iklan yang dibuat saat orang-orang menonton video Anda – sehingga semakin banyak tayang, semakin banyak pendapatan. 

Kapan Saya Dibayar

Setelah menghubungkan akun AdSense dengan akun YouTube, Anda dapat memperoleh pembayaran saat penghasilan mencapai ambang pembayaran lokal, selama akun tidak ditahan monetisasi tidak ditangguhkan untuk saluran, dan Anda patuh pada kebijakan Google.

Misalnya, jika Anda berada di Amerika Serikat dan saldo Anda melebihi $100 pada akhir bulan November, Google akan mengirimkan pembayaran kepada Anda di bulan Desember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s