Pendapat Saya Tentang Belajar Menulis

Nama : Haidi

Jurusan : TKJMD

Pendapat Saya tentang Belajar Menulis adalah dangat bermanfaat dan berguna apa lagi bagi saya yang belum banyak mengetahui bagaimana cara menulis dengan cara membuang pikiran atau dengan menggunakan premis dan mengembangkannya. Pada pertemuan minggu kemarin saya sudah membuat tulisan dengan cara membuang pikiran dan inilah hasilnya dalam waktu 5 menit.

Latihan Pertama

Aku ibaratkan buih disamudra luas, ibaratkan batu karang yang terhempas. Tak tau arah tujuan mau kemana. Kebinggungan yang selalu datang dalam kehidupan ku. Pilihan yang tak semestinya aku pilih, namun dengan terpakasa hati ini harus memilih. Aku tak tahu apakah pilihan ini adalah pilihan yang terbaik yang nantinya akan menjadikan hidup ini lebih baik dan lebih berarti.

Terkadang aku hanya bisa terdiam dan tak ingin berbicara kepada siapapun, bahkan dengan orang yang terdekat denganku. Aku tak sanggup menahan dan menjalani kehidupan seperti ini. Mereka mengetahui tentang diriku disini bahagia, selalu tersenyum, namun kenyataan yang aku alami adalah kepahitan. Mungkinkah aku sanggup untuk melewati ini semua.

Materi yang mampu saya serap dari penjelasan minggu kemaren adalah :

3 tahapan berlatih menulis

1. Membuang pikiran

2. Mengolah pikiran (mengikat makna)

3. Menemukan Gagasan

Memahami Mengikat Makna

Mampu membangun dan memiliki dua keterampilan dasar menulis

1. Keterampilan “membuang” pikiran orisinal (menulis untuk “Mengeluarkan diri unik anda)

2. Keterampilan merangkai kata-kata bermakna (menuls untuk “mengonstruksi/menyusun berbagai keunggulan anda”

Ada 3 pertanyaan yang akan saya tanyakan,

  1. Saya tidak suka membaca namun suka menulis, ketika saya menulis saya kesulitan untuk menuliskan bahasa indah. Bagaimana caranya menuliskan bahasa indah tanpa memiliki banyak koleksi bahasa indah karena tidak suka membaca?
  2. Bagaimana caranya agar kita dengan mudah bisa menjelaskan kepada anak-anak yang masih berusia 6 -10 yang tidak suka menulis menjadi suka menulis?

Apakah dengan satu tahapan belajar menulis mampu membuat tulisan kelihatan menarik?

Leave a comment