Contoh Pendahuluan pembuatan website SMK N 1 Singkil Utara

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang Masalah

 

Dewasa ini, penggunaan Internet sudah semakin marak. Popularnya situs jejaring sosial, blog dan mudahnya pencarian lewat internet memicu perkembangan pesat internet. Maka semakin banyak pula yang memanfaatkan internet untuk mempermudah pekerjaan suatu instansi. Informasi yang bisa di akses dengan cepat dan mudah adalah hal yang sangat di butuhkan pada masa kini. Informasi tentang sekolah menengah kejuruan juga menjadi kebutuhan masyarakat yang ingin anak-anak mereka masuk sekolah kejuruan.

SMKN 1 Singkil Utara menginformasikan sekolah melalui brosur-brosur, spanduk dan sebagainya. Hal ini berguna untuk mengenalkan SMKN 1 Singkil Utara pada masyarakat luas. Akan tetapi hal ini kurang bisa mengoptimalkan promosi SMK 1 Singkil Utara dalam menjaring siswa baru dan menginformasikan berita-berita dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekolah.

Atas dasar pertimbangan tersebut, penulis mengangkat masalah ” Analisa Sistem Informasi Berbasis Web di SMKN 1 Singkil Utara” untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang SMKN 1 Singkil Utara. Website sekolah ini dibangun dengan Dreamweaver, PHP dan MySql.

 

 

  1. Identifikasi dan Pembatasan Masalah

 

Megingat jumlah siswa-siswi, orangtua siswa-siswi, staf pengajar, pegawai dan masyarakat luas yang ingin mengetahui informasi tentang SMK N 1 Singkil Utara, maka penulis mencoba mengidentifkasi permasalahan :

  1. Sejauh mana website ini dapat dirancang dengan semenarik mungkin sehingga dapat memenuhi keingintahuan masyarakat luas tentang informasi mengenai SMKN 1 Singkil Utara.
  2. Memberikan informasi kepada para alumni dan masyarakat luas, sehingga memudahkan para alumni untuk bisa terhubung antara satu dan yang lainnya.

Dari latar belakang di atas maka permasalah yang timbul adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana membangun website sekolah yang interaktif dengan penggunanya ?
  2. Bagaimana memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tetang sekolah?

 

 

 

 

  1. Rumusan Masalah

 

    SMKN 1 Singkil Utara merupakan salah satu sekolah yang ada di Aceh Singkil. Karena Sekolah ini belum memiliki Website maka penulis menganalisa dan merancang website di SMKN 1 Singkil Utara. Dalam analisa dan perancangan website SMKN 1 Singkil Utara, ada beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu :

  1. Bagaimana membuat website SMKN 1 Singkil Utara menggunakan Dreamweaver, PHP dan My Sql.
  2. Bagaimana merancang dan menganalisa website sekolah agar lebih interaktif dengan penggunanya ?
  3. Bagaimana mendapatkan informasi tentang sekolah karena jarak antara penulis berjauhan dengan sekolah ?
  1. Tujuan Penyusunan Laporan

KKP merupakan langkah awal untuk mendidik mahasiswa/i untuk melakukan analisa pekerjaan serta meneliti bagaimana praktik kerja di lapangan, Setelah melaksanakan KKP, mahasiswa/i diwajibkan menyusun laporan kegiatan KKP sebagai pertanggung jawaban. Selain itu juga agar dapat dijadikan acuan kepada rekan – rekan mahasiswa/i maupun khalayak umum.

 

 

 

Sebagai rincian, maksud dan tujuan pembuatan laporan Kuliah Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan website Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singkil Utara.
  2. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singkil Utara memiliki media penyampaian informasi yang lebih efektif.
  3. Sebagai syarat kelulusan mata kuliah (KKP)
  4. Untuk mempraktekkan ilmu dan keterampilan yang sudah diperoleh selama kuliah di dunia kerja.
  5. Sebagai syarat mahasiswa/i sebelum mengikuti TA (Tahun Akhir).
  6. Agar dapat dijadikan referensi untuk mahasiswa/I angakatan berikutnya.
  1. Sistematika Penulisan

Agar penulisan KKP ini dapat tersusun dengan sistematis, secara garis besar penulis membedakan isi laporan menjadi beberapa bab, yaitu :

 

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini menjelaskan secara ringkas mengenai latar belakang masalah, identifikasi dan pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penyusunan masalah dan sistematika penulisan.

 

BAB II KAJIAN TEORI

Pada bab ini berisi tentang definisi-definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan KKP ini.

BAB III PEMBAHASAN

Dalam bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat SMK N 1 Singkil Utara, struktur organisasi, visi dan misi sekolah, proses pelaksanaan KKP, analisa sistem yang sedang berjalan dan pemecahan masalah yang diusulkan.

 

BAB IV PENUTUP

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari isi laporan dan saran-saran yang dapat diberikan untuk permasalahn yang terjadi.


 

Leave a comment