Pembelajaran dalam PJJ (Tugas 2 – Kompetensi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ))

Nama Haidi

Tugas Topik 2

Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut:

1.            Jelaskan tiga aspek utama dalam pembelajaran di PJJ!

2.            Secara umum, coba Anda jelaskan perbedaan antara Tatap Muka dan PJJ!

Jawaban Menurut Saya :

  1. 1.       Tiga Aspek Utama dalam Pembelajaran di PJJ

 

1.Bahan Ajar : Artinya sangat perlu dan sangat penting bagi peserta didik guna untuk mengetahui  informasi mengenai mata pelajaran atau bidang studi yang sedang mereka ambil dan pelajari dalam mengikuti PJJ.  Pengampu setidaknya memberikan bahan ajar yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik, karena bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dalam proses PJJ.

 

2.Kemampuan Belajar Mandiri : Artinya peserta didik harus memiliki kemampuan untuk belajar mandiri , tidak harus dipaksa dan keinginan untuk belajar seharusnya timbul pada diri sendiri. Selain itu, peserta didik juga harus lebih inisiatif dan kreatif dalam mengikuti PJJ.

 

3.Media yang digunakan : Artinya Dalam proses PJJ, media juga berperan sangat penting. Dengan media yang digunakan peserta didik dan pengajar diharapkan bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan aktif, sehingga proses mengajar berjalan dengan lancer.

 

  1. 2.       Secara umum, coba Anda jelaskan perbedaan antara Tatap Muka dan PJJ!

 

Untuk Tatap Muka :

  • Pengajar harus datang ketempat lokasi proses belajar mengajar untuk memberikan materi pembelajaran yang dibutuhkan.
  • Pengajar menerima pertanyaan dari peserta didik pada saat tatap muka saja, keseringan pertemuan dilakukan secara tatap muka.
  • Peserta didik terikat waktu yang telah ditentukan

 

Untuk PJJ :

  • Pengajar tidak selalu datang ketempat lokasi proses belajar mengajar karana pengajar bisa memberikan materi atau pembelajaran lewat media social. Seperti email, facebook atau Edmodo.
  • Dalam pemberian materi kepada peserta didik, pengajar bebas memberikannya, artinya boleh kapan saja dan dimana saja, begitu juga dengan peserta didik yang dimana bebas untuk mengambil atau mengungah materi yang diberikan oleh pengajar, Pada intinya antara peserta didik dan pengajar ada persetujuan terlebih dahulu.
  • Pertanyaan yang diberikan oleh peserta didik tidak dibatasi oleh waktu. Boleh kapan saja.

Leave a comment