Cara Mudah Mencairkan Pendapatan Google Adsense Dengan Western Union

  • Jika pada akhir bulan ini saldo anda berhasil mencapai ambang pembayaran ($100), maka uang akan dibayarkan kepada anda 3 minggu kemudian. Berarti pembayaran akan dilakukan pada bulan berikutnya di minggu ketiga.

    Pada tab Pembayaran, anda akan melihat Saldo saat ini mencapai ambang pembayaran dan tertulis Penghasilan terutang. Anda tidak akan bisa menemukan kode MTCN (Money Transfer Control Number) karena pembayaran sedang dalam proses selama 3 minggu.


  • Tiga Minggu kemudian anda akan mendapat kiriman email dari google bahwa uang anda telah dibayarkan, tetapi anda tetap tidak bisa melihat kode MTCN (Money Transfer Control Number) karena pembayaran sedang dalam proses akhir. Anda akan melihat di laporan Saldo saat ini pada bagian deskripsi tertulis Pembayaran dilakukan. Artinya pembayaran masih dilakukan dan anda harus menunggu sehari lagi.
  • Besoknya anda akan melihat pada Saldo saat ini ada tulisan berisi link aktif: Pembayaran otomatis: Western Union. 345728xxx. Status: Telah diberikan. Maka silakan diklik link tersebut.
  • Anda akan diarahkan ke tab baru dan berisi rincian pembayaran seperti gambar di bawah ini.


1. Pertama anda harus mencatat rincian pembayaran di kertas kecil.

Yang dicatat adalah:

  1. Kode MTCN (terdiri dari 10 digit angka)
  2. Nama pengirim (Sender) :

    Google Asia Pacific Pte. Ltd.
    8 Marina View
    Asia Square 1 #30-01
    Singapore 018960

  3. Jumlah uang (dalam USD)
  1. Siapkan KTP asli dan 1 lembar fotocopy atas nama penerima pembayaran.
  2. Pada jam kerja pergilah ke kantor Western Union yang tersebar dimana-mana. Saya biasanya mengambil di Kantor Pos dan Pegadaian karena paling dekat dengan rumah saya. Anda juga bisa mengambil di BRI yang ada western unionnya (tidak semua BRI memiliki western union). Tetapi kalau kantor pos dan pegadaian pasti ada western unionnya.
  3. Sampaikan kepada pak pos atau petugas kasir bahwa anda ingin mengambil uang dari western union. Maka anda akan diberi lembaran kertas western union dan silakan diisi dengan catatan yang telah anda simpan di kertas kecil tadi.
  4. Setelah selesai mengisi lalu serahkan ke pak pos form western union beserta KTP asli dan fotocopy, kemudian tunggulah pak pos menghitung uang anda.
  5. Terimalah uang dari pak pos dan tandatanganilah surat tanda terima yang diberikan pak pos dan selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s