Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan halaman web, dan HTML ini bukanlah bahasa pemrograman karena ini adalah bahasa markup, maksud dari bahasa markup ialah serangkaian tag markup untuk menjalanakan halaman web.

Tag markup HTML biasanya di sebut juga tag HTML yang merupakan kata kunci yang di kelilingi oleh tanda kurung siku seperti <html>, dan tag ini selalu berpasangan seperti <h1> dan </h1>, tag pertama di sebut tag awal dan tag ke dua di sebut tag penutup.

Dokumen HTML di sebut juga halaman web, dokumen HTML tersebut mendeskripsikan halaman web yang berisi tag HTML dan teks biasa, singkatnya dokumen HTML tersebut hanya untuk membuat tampilan saja dan dari sebuah web browser adalah untuk membaca dan menampilkan dokumen HTML sebagai halaman web, tetapi tidak menampilkan tag HTMLnya karena tagnya hanya untuk menafsirkan ini halamannya saja.

Awal untuk mempermudah membuat dokumen HTML ini kita hanya membutuhkan editor text biasa saja(seperti Notepad++) saja. Karena menggunakan editor text biasa adalah cara terbaik untuk mempelajari HTML.

Leave a comment