Pengenalan Photoshop, Corel Photo, Ilustrator, Indesign, Corel Draw

  1. Adobe Photoshop

    Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

    Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Pengembangan

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.[1] Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan cara ini.

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

  1. Corel Photo

    Corel PHOTO-PAINT adalah sebuah aplikasi dengan sejarah panjang dan satu bahwa saya telah digunakan secara off dan sebagai bertahun-tahun. Corel Photo-Paint 9 tidak semua yang berbeda dalam penampilan luar dan fitur yang disertakan set dari Versi sebelumnya 8, atau bahkan 7 dalam hal ini.

    Namun, dengan menggunakan ini Versi baru 9 adalah pengalaman yang jauh lebih baik karena apa yang saya terbaik bisa menggambarkan sebagai perbaikan. Sebelum masuk ke bagaimana Corel PHOTO-PAINT 9 dilakukan, biarkan aku pertama menjelaskan apa paket berisi dan umumnya apa yang dirancang untuk melakukan. Nama PHOTO-PAINT adalah seluas deskriptif yang Anda bisa mendapatkan untuk sebuah citra produk-editing.

    Memiliki alat, proses, dan sikat yang seniman memerlukan komputer untuk fotografer lukisan dan digital perlu mendapatkan gambar dari scanner dan kamera digital, warna yang benar, memanipulasi, dan memasukkan dalam dokumen patut diterbitkan berisi tidak hanya gambar foto, tetapi elemen desain grafis dan standar teks dan jenis font yang dimanipulasi.

    Selain cat utama dan aplikasi image-editing, Corel juga mencakup Bitstream Font Navigator 3.0 untuk mengatur, melihat, dan pilih font yang disimpan dalam sistem operasi Anda. Canto Cumulus 4.0 adalah aplikasi manajemen aset profesional yang diakui dunia digital; Adobe Acrobat Reader untuk akses ke dokumentasi dalam format Acrobat PDF pada disk;. DigiMarc Digital Watermarking untuk merekam hak cipta Anda di dalam gambar; Manusia Perangkat Lunak Squizz sebuah utilitas gambar morphing; Corel Capture 9 untuk merekam dan menyimpan screenshot, dan Corel Script Editor untuk mengotomatisasi proses.

  2. Adobe Ilustrator

    merupakan program untuk membuat semua design mulai dari logo, packaging, iklan, layout dan sebagainya yang berbasis gambar vektor. Gambar vektor adalah jenis utama lain dari citra digital. Tidak seperti gambar bitmap, gambar vektor terdiri dari titik-titik yang bergabung bersama-sama dengan baris, setiap baris didefinisikan sebagai rumus matematika. Vektor sangat baik untuk menciptakan gambar, yang berisi bagian-bagian besar dari warna yang sama. Jadi misalnya tombol navigasi pada situs web Anda, logo perusahaan Anda, atau pun gambar fotografi non-akan lebih baik dibuat sebagai vektor. Ilustrator adalah vektor premier Dunia alat gambar, jadi jika Anda ditugaskan dengan menciptakan jenis seni ‘datar’, seperti profil perusahaan, termasuk logo, tanda bekerja, dll kop surat, kemungkinan Anda akan menggunakan Adobe Illustrator.

    Pada beberapa versi awal, Draw masih relatif banyak ketinggalan dengan versi Illustrator. Tetapi, dengan menjadikan Illustrator sebagai benchmark, kurang lebih hanya dalam 8 versi rilisan, kompatibilitas Draw bisa dibilang mulai menyamai Illustrator. Bahkan versi mereka saling berkompetisi secara seimbang ketika Draw mengeluarkan Corel Draw 9 yang bersaing ketat dengan Adobe Illustrator 7 waktu itu. Pada masa kompetisi ketat inilah, kedua software tersebut masuk ke Indonesia melalui CD-CD bajakan yang menyebabkan banyak akses untuk mempelajari keduanya.

  3. Adobe InDesign

    Adobe InDesign adalah salah satu aplikasi desktop publishing yang populer. Program ini banyak digunakan oleh para desainer grafis terutama yang berhubungan dengan tata letak (layout) buku, majalah, koran dsb. Banyak Kelebihan yang ditawarkan InDesign dibandingkan dengan software grafis lainnya, diantaranya adalah kenyamanan dalam membuat desain dengan multiple pages design (layout dalam beberapa halaman) dengan adanya fungsi master pages.

    Bila Anda pernah bekerja dengan Adobe Pagemaker, tentu tidak asing dengan berbagai fasilitas dalam InDesign. InDesign CS3 juga menawarkan efek-efek khusus yang bisa langsung diterapkan dalam dokumen, tanpa perlu bolak-balik membuat efek khusus dengan software pengolah gambar lain saat Anda membuat suatu karya Desain.

  1. Corel Draw

    Editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.

    Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.

    Corel Draw [sama dengan adobe illustrator] lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar berbasis vektor yang terdiri atas objek. contoh filenya seperti emf, svg, cdr dsb.

    Pada beberapa versi awal, Draw masih relatif banyak ketinggalan dengan versi Illustrator. Tetapi, dengan menjadikan Illustrator sebagai benchmark, kurang lebih hanya dalam 8 versi rilisan, kompatibilitas Draw bisa dibilang mulai menyamai Illustrator. Bahkan versi mereka saling berkompetisi secara seimbang ketika Draw mengeluarkan Corel Draw 9 yang bersaing ketat dengan Adobe Illustrator 7 waktu itu. Pada masa kompetisi ketat inilah, kedua software tersebut masuk ke Indonesia melalui CD-CD bajakan yang menyebabkan banyak akses untuk mempelajari keduanya.

Perbandingan Photoshop, Corel Photo, Ilustrator, Indesign, Corel Draw

No.

Jenis Aplikasi

Kelebihan

Kelemahan

1. Adobe

Photoshop

1. Membuat tulisan dengan effect tertentu.

Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya.

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

• PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.

• PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb

• PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

2. Membuat tekstur dan material yang beragam.

Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya

3. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.

Ada desaingrafisvector and vexel.Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya

4. Memproses materi Web.

Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

  1. Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshopsekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula
  2. Kurang bagus untuk pembuatan desain majalah atau cetak brosur dengan banyak teks, karena tidak bisa membuat paragraf tulisan dengan sempurna.
  3. Ukuran penyimpanan file relatif besar bila terdapat banyak layer dan ukuran gambar yang besar.
  4. Proses cetak dalam ukuran kertas pada umumnya, atau ukuran kertas yang besar relatif lebih sulit.
  5. Akan lebih rumit ketika mengedit gambar dari banyak layer yang digabung.

2.Corel Photo

  • Artistik media kuas yang dapat digunakan langsung dan sebagai kuas kloning untuk melukis atau repaint menggunakan semua jenis efek lukisan alam serta pilihan yang lebih imajinatif.
  • Layered efek objek dapat diciptakan untuk memanipulasi, komposit, serta menambahkan elemen grafis seperti jenis dengan bayangan drop melalui gambar fotografi.
  • Anda bisa membuka atau menyimpan ke berbagai jenis file grafis membuat sumber daya yang dibuat dalam sejumlah aplikasi yang tersedia, serta menciptakan gambar di PHOTO-PAINT yang dapat digunakan dalam aplikasi lain, termasuk Adobe Photo-shop, MetaCreations pelukis, antara lain. Ixla dukungan kamera digital built-in menyediakan akses mudah ke gambar yang disimpan oleh sebagian besar merek terkenal dan model kamera.
  • Dukungan penuh termasuk untuk output HTML untuk menciptakan konten untuk penerbitan web.
    Encapsulated PostScript • Ekspor meliputi peningkatan manajemen warna untuk menjamin hasil cetakan berkualitas tinggi dan output untuk mengimbangi reproduksi tekan.
  • Gambar dibuat di PHOTO-PAINT mungkin menjadi output dalam format PDF untuk web atau offset target pencetakan.
  • A Wizard termasuk yang membuat output ke biro jasa pra-tekan mudah.
    Lebih luas dan terkontrol akses dukungan manajemen warna disertakan, menggabungkan pemilihan salah satu dari sejumlah ruang kerja warna standar dengan profil ICC yang mungkin tertanam dalam file output.
  • Serta dalam tradisi Corel paket termasuk perpustakaan klip seni 1200 item, foto bebas royalti 1500, 750 benda mengambang, dan 300 font TrueType.
    Untuk teknik seleksi yang digunakan photoshop masih kurang dari photopaint.
    yaitu teknik seleksi menggunakan brush.kita akan lebih mudah menyeleksi object di photopaint.

Tidak mampu memanipulasi dengan baik setiap pixel pada gambar. Justru ini menjadi kelebihan dari photoshop yang berorientasi pixel base. Sebagai contoh, penerapan tekhnik mask pada illustrator bisa sangat sulit, dan jauh dari sempurna. Namun tidak jika kita menggunakan photoshop, karena memang takhnik mask adalah sebuah tekhnik yang berorientasi pada manipulasi pixel. Begitu pun filter-filter (efek) seperti blur, brush stroke, distort, noise dan sebagainya yang juga berbasis pada pixel.

 

Photopaint agak sedikit lebih mudah tapi kurang fleksibel penyimpanan datanya. photopaint buatan corel. kalau photopaint basisnya bitmap, photoshop lebih ke psd tapi bisa juga seperti bitmap.
3.Adobe

Illustrator

  1. Ruang penyimpanan untuk objek gambar yang efisien
  2. bentuk atau ukuran, kwalitas/ resolusi masih tetap terjaga walaupun diubah-ubah
  3. Dalam hal pencetakan, gambar yang berbasis vektor dapat dicetak dalam skala resolusi tertinggi baik di printer Anda maupun di percetakan.
  4. Anda dapat dengan leluasa menggambar dan memodifikasi dalam pengerjaannya.
  1. Gambar cenderung terlihat flat/datar dan mempunyai warna kartun yang kental
  2. Sangat susah untuk menghasilkan gambar yang realistis/ mirip photo
  3. Tidak bisa membuka beberapa halaman dalam satu file, harus ingat dengan embedd bila tdk mau missing images.

4.Adobe Indesign

  1. Adobe InDesign sangat cocok untuk me-layout buku, majalah, tabloid, brosur dll
  2. Bisa place (import) dan menampilkan gambar transparant dengan sempurna.
  3. Bisa import file dengan format pdf., ai., psd, jpg., doc./docx., yang tidak bisa dilakukan oleh Pagemaker.
  4. Lebih mudah untuk convert ke format pdf

1.
Kekurangan di Adobe InDesign dibanding Adobe PageMaker, antara lain adalah spasi antar kata yang tidak se-sempurna pada Adobe PageMaker, terutama jika menggunakan atribute justify (jika tidak menggunakan fasilitas hyphenate). Hal ini akan menghasilkan jarak antar kata yang tidak seimbang, terlalu ranggang atau terlalu rapat.5.Corel Draw

  1. Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw tidak akan pecah apabila diperbesar.
  2. CorelDraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar.
  3. Seleksi layer dalam CorelDraw sangat mudah, sehingga dapat mengedit beberapa layer sekaligus.
  4. Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file berukuran besar.
  1. Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang satu dengan warna lainnya.
  2. Efek-efek dan variasi yang terbatas di CorelDraw.
  3. Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto.
  4. Dukungan SaveAs di CorelDraw yang terbatas

 


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s