Pengertian Basis Data (database)

Basis data merupakan dari berbagai data/informasi yang saling berhubungan satu sama lain, disimpan didalam perangkat keras secara sistematis sehingga dapat diolah menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri basis data disebut sistem manajemen basis data.

Pengertian data basis dengan sistem basis data memiliki makna yang berbeda.Basis data ( database) adalah sekumpulan data yang terhubung dan disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa perlu suatu kerangkapan data dan kalaupunada maka kerangkapan data itu harus seminimal mungkin dan terkontrol. Sedangkan sistem basis data dapat didefinisikan sebagai sekumpulansub sistem yang terdiri atas basis data dengan para pemakai yang menggunakan basisdata secara bersama-sama, personal-personal yang merancang dan mengelola basis data, teknik-teknik untuk merancang dan mengelola basis data, serta sistem komputer untuk mendukungnya.

Penyusunan basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan data dan diatur dengan menggunakan perangkat sistem manajemen basis data (database manajement system DBMS). Manipulasi basis data meliputi pembuatan pernyataan (query) untuk mendapatkan informasi tertentu, melakukan pembaharuan atau penggantian (update) data, serta pembuatan report  data.

Leave a comment