Jangan Terlalu Panik Menghadapi Tugas Akhir

IMG_9953

Senang rasanya setelah menyelesaikan Kuliah Kerja Praktek, sekarang saatnya saya dan teman-teman dikagetkan dengan datangnya Tugas Akhir. Biasanya TA itu lebih berat dan lebih banyak kendala yang dihadapi dibandingkan KKP. Bayangkan saja, KKP kemaren saya dan teman-teman mengerjakannya tidak kurang dari 2 bulan, dan hasilnya pun Alhamdulliallh memuaskan. Alhamdullillah tidak ada yang mendapat nilai D walaupun masih ada teman-teman yang mendapatkan nilai C. Sebenarnya kepanikkan dalam menghadapi sesuatu itu sangatlah berpengaruh atas apa yang kita kerjakan. Dan salah kalau ada orang mengatakan santai aja menghapadi Tugas Akhir. Santai akan membuat anda panik ketika hari H nya sudah tiba.

Menurut pengalaman saya kemaren ketika melaksanakan KKP dan menyusun Laporan KKP, satu hal yang harus perlu diingat yaitu jangan terlalu santai atau menyepelekan waktu. Dan jangan juga terlalu memaksa karena ini juga bisa mengakibatkan hal yang tidak baik. Jika ada waktu yang kosong usahakanlah untuk mengisi dengan mengerjakan Laporan atau sekedar mencari informasi atau materi.

Tugas Akhir, ketika mendengar kata itu rasanya saya pengen cepat-cepat menyelesaikannya. Akan tetapi proses untuk menyelesaikannya itu tidaklah segampang yang kita bayangkan. Misalnya mencari Judul saja harus membutuhkan beberapa hari, karena tidak semudah membalikkan telapak tangan. Judul Tugas Akhir tidak selalu diterima oleh pihak kampus, setelah dua atau tiga kali menyerahkan judul Tugas Akhir barulah diterima, itupun masih ada perbaikkan. kebanyakan seperti itu.

Jangan terlalu panik dalam mengahadapi Tugas Akhir, dan jangan juga terlalu santai. Kerjakan dengan waktu yang anda miliki, kurangi waktu tidur anda, jangan banyak membuang-buang waktu. sesegera mungkin untuk menyelesaikan program atau laporan Tugas Akhir. Satu harapan kita semua mudah-mudahan hasil atau nilai Tugas Akhir kita memuaskan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s