Pengertian Web Server

Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGML (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa gambar, browser yang hanya mampu menampilkan teks (misalnya lynx) tidak akan mampu menampilkan gambar tersebut, dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja. Web server, untuk berkomunikasi dengan client-nya (web browser) mempunyai protokol sendiri, yaitu HTTP (hypertext transfer protocol).

Namun beberapa kesulitan yang kadang ditemui, bahwa untuk mengkonfigurasi Web Server Apache, PHP dan MySQL secara terpisah terkadang tidaklah mudah. Oleh karena itu, untuk memudahkan, dalam penulisan buku ini akan digunakan web server Apache, PHP dan MySQL yang telah tergabung dalam XAMPP.

XAMPP adalah sebuah software free yang telah menggabungkan web server, PHP dan MySQL kedalam satu program. Sehingga ketika XAMPP digunakan, kita tidak perlu lagi menginstall PHP, MySQL dan Apache.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s